Format Laporan Evaluasi dan Refleksi Diri

Pengertian Evaluasi Diri

Evaluasi diri adalah cara menilai pencapaian usaha pada diri guru. Guru bisa mempertimbangkan sendiri kemampuan hingga kualitas diri guru tersebut. Manfaat dari evaluasi diri adalah upaya untuk mengetahui gambaran mengenai kinerja dan keadaan diri melalui pengkajian dan analisis yang dilakukan oleh program studi atau perguruan tinggi. Tujuan dari mengevaluasi diri adalah mengoreksi dirimu agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.


Evaluasi diri penting dilakukan agar guru menyadari kelemahan dan kekuatan yang dimiliki, termasuk bagaimana orang lain memandang pekerjaan guru. Dengan memiliki kesadaran tersebut, guru pun bisa membangun kepercayaan diri yang lebih tinggi, meningkatkan kemampuan mengambil keputusan yang baik dan menciptakan hubungan yang lebih kuat dengan orang-orang di sekitar.


Pengertian Refleksi Diri

Refleksi pembelajaran merupakan salah satu kegiatan pembelajaran dimana siswa memberikan umpan balik kepada guru dan terhadap kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan. Refleksi pembelajaran bisa dilakukan dalam bentuk penilaian tertulis dan lisan yang dilakukan oleh siswa untuk guru dan guru untuk siswa, guna mengekspresikan kesan konstruktif, harapan, serta kritik terhadap proses pembelajaran.

Melalui kegiatan refleksi pembelajaran, diperoleh lah informasi positif dan negatif mengenai kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan, serta bagaimana guru bisa meningkatkan kualitas pembelajaran tersebut. Hasil refleksi pembelajaran juga bisa dijadikan sebagai bahan observasi untuk mengetahui sampai mana pencapaian kegiatan pembelajaran dan bisa memberikan kepuasan bagi siswa.

Refleksi pembelajaran dilakukan oleh guru dan siswa sehingga guru dan siswa juga bisa merasakan manfaat aktivitas ini. Bagi guru refleksi pembelajaran berguna untuk meninjau sebuah kelompok atau kelas untuk menggambarkan situasi atau kondisi dari sebuah kelas, serta guru bisa mengetahui potensi setiap individu dan siswa-siswi di kelas tersebut. Dengan begitu, guru dapat meningkatkan kegiatan evaluasi berlanjut dan berjenjang.

Dalam kesempatan ini kami telah membagikan sebuah contoh Format Laporan Evaluasi dan Refleksi Diri yang kiranya sangat berguna untuk melengkapi administrasi sekolah. Bilamana rekan-rekan berminat silahkan download pada tautan yang telah disediakan di bawah ini.

  • Laporan Evaluasi dan Refleksi Diri 1 | Download
  • Laporan Evaluasi dan Refleksi Diri 2 | Download
  • Laporan Evaluasi dan Refleksi Diri Contoh | Download
Silahkan hubungi kami
Jika Anda tidak bisa download file di Operatorsekolahdbn.com klik disini Download atau Jika Anda ingin berparsipasi dengan Donasi kepada kami. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain - Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Format Laporan Evaluasi dan Refleksi Diri"

Posting Komentar

Silahkan komentar pada kolom yang disediakan, anda juga dapat meminta sesuatu kepada kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel