Daftar Rincian Satuan Biaya Dana BOS Reguler Masing-Masing Daerah

Dalam kesempatan ini akan dibagikan informasi mengenai satuan biaya dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Reguler Masing-Masing Daerah. Hal ini dituangkan ke dalam Lampiran Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 16/P/2021 Tentang Satuan Biaya Dana Bantuan Operasional Sekolah Reguler Masing-Masing Daerah.


Pernyataan ini diungkapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, perubahan pembagian besaran dana BOS tersebut dikarenakan dalam penghitungan sebelumnya, besaran dana BOS berdasarkan jumlah peserta didik di sekolah. Padahal, jumlah peserta didik di setiap sekolah berbeda. Dengan begitu pembagian Dana BOS pun semakin kecil dan tak adil. Terutama untuk daerah 3T. Apalagi, sekolah tersebut tentunya mempunyai beban tetap dalam mengelola operasionalnya. Sehingga, dengan dana yang terbatas, pemenuhan fasilitas pun semakin sulit.

Pemerintah bakal merubah sistem penghitungan alokasi Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada tahun 2021 sudah tidak lagi berdasarkan jumlah siswa seperti yang berlaku saat ini. 


Nilai Dana BOS Disesuaikan Indeks Kemahalan Konstruksi

Tahun ini dana BOS sudah tidak akan sama lagi antara daerah satu dengan daerah lainnya. Karena disesuaikan dengan indeks kemahalan konstruksi di daerah. Misalnya tahun 2020 dana BOS untuk peserta didik SMP/MTs Rp. 1,1 juta per/peserta didik sama di setiap jenjang sekolah, sekarang tidak lagi seperti itu. Tapi Rp. 1.100.000 itu angka minimal untuk daerah dengan tingkat kemahalan tinggi nanti ditambahi.

Selain itu, jumlah rata-rata peserta didik di sekolah pada suatu daerah juga menjadi pertimbangan penetapan nilai dana BOS. Jumlah peserta didik di setiap sekolah pertimbangkan. Jumlah rata-rata peserta didik di sekolah menjadi dasar penetapan angka nilai BOS. Semakin sedikit rata-rata jumlah peserta didiknya, nilai BOS akan dinaikkan.

Adapun perubahan kalkulasi BOS, tidak mendasarkan angka peserta didik. Melainkan akan mengkonsiderasi indeks kemahalan konstruksi (IKK) dari BPS dan juga indeks besaran peserta didik (IPD) per sekolah di suatu daerah.

Silahkan lihat di bawah ini:

Download:
  • Satuan Biaya Dana BOS Reguler Masing-Masing Daerah | Download

Demikian informasi mengenai Daftar Rincian Satuan Biaya Dana BOS Reguler Masing-Masing Daerah. Semoga dengan besaran biaya penyaluran yang menyesuaikan keadaan sekolah dan indeks kemahalan konstruksi pada setiap daerah, diharapkan pemerataan kualitas pendidikan dari pusat kota hingga ke pelosok daerah maupun ke desa terpencil akan merata dan terciptanya keadilan. Semoga penggunaan dana BOS akan semakin efektif, efisien, dan transparan, serta dapat bermanfaat oleh warga sekolah.
Silahkan hubungi kami
Jika Anda tidak bisa download file di Operatorsekolahdbn.com klik disini Download atau Jika Anda ingin berparsipasi dengan Donasi kepada kami. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain - Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel