Penyebab dan Solusi Gagal Melakukan Pengiriman Kode Verifikasi Akun PTK, Kode Verifikasi Lama Terkirim Ke Email

Kita ketahui bersama bahwa pada tahun 2020 ini akun PTK Dapodik menjadi sangat vital kegunaannya. Adapun di antaranya ialah untuk membuka akun Info GTK Kemdikbud dalam melakukan cek SKTP guru. Nah kendala dalam membuat akun PTK seringkali terjadi, baik masalah pengiriman kode verifikasi dan aktivasi, halaman PTK Datadik tidak dapat diakses karena akses server padat.


Seperti kita ketahui bahwa operator sekolah tidak dapat membuat ataupun mengubah akun PTK pada aplikasi Dapodik versi 2021.a. Melakukan perubahan akun PTK diarahkan melalui halaman ptk.datadik.kemdikbud.go.id. 

Akun PTK Dapodik fungsinya ialah untuk membuka akun PTK pada aplikasi Dapodik juga pada halaman ptk.datadik.kemdikbud.go.id. Untuk membuka Info GTK pun telah diwajibkan menggunakan akun PTK Dapodik. 

Berikut ini penjelasan tentang cara mengatasi gagal melakukan verifikasi Akun PTK, adapun solunya silahkan ikuti pada langkah-langkah di bawah ini.
1. Silahkan rekan-rekan guru untuk membuka akun PTK masing-masing, kemudian lakukan verifikasi Akun. Untuk langkah-langkah melakukan Verifikasi Akun PTK silahkan dibaca disini Cara Melakukan Verifikasi Akun PTK Pada Aplikasi Dapodik.
2. Penyebab dari verifikasi akun PTK tampil keterangan 'Gagal melakukan pengiriman kode verifikasi, pastikan anda sudah menyelesaikan proses verifikasi pada tahap sebelumnya' ketika rekan PTK membuka akun email untuk melihat kode verifikasi Akun Dapodik, setelah beberapa jam kode verifikasi tidak masuk. Lalu rekan PTK mencoba menutup tab browser dan mencoba melakukan verifikasi ulang akun PTK sehingga muncul seperti gambar di bawah ini.

4. Perlu diingatkan jika ingin melakukan verifikasi Akun PTK, jika kode verifikasi akun Dapodik lama atau lambat, jangan langsung menutup browser atau melakukan verifikasi ulang. Karena kode verifikasi akan terkirim ke email masing-masin. Lamanya pengiriman kode verifikasi tergantung kapan kita melakukan verifikasi. Usahakan melakukan verifikasi ketika server tidak padat akses, atau waktu terbaik lakukan pada malam hari sehingga proses verifikasi akun berjalan lancar.

3. Jadi jika telah terlanjur melakukan hal demikian, langkah untuk mengatasinya dengan mencoba kembali verifikasi akun PTK di lain waktu, atau melakukan pergantian email dan password pada akun PTK di sp.datadik.kemdikbud.go.id dan login kembali melalui akun ptk.datadik.kemdikbud.go.id.
4. Sekedar pengalaman mengenai verifikasi akun PTK, proses pengiriman kode verifikasi ke email terkadang bisa memerlukan waktu beberapa jam terkadang bisa sampai 3-5 jam tergantung dari server pusat. Untuk itu perlu dihimbau lakukan verifikasi akun PTK Dapodik selain pada jam sibuk atau jam kerja guna menghindari gagal melakukan pengiriman kode verifikasi.

Sekian penjelasan mengenai Penyebab dan Solusi Gagal Melakukan Pengiriman Kode Verifikasi Akun PTK, Kode Verifikasi Lama Terkirim Ke Email. Semoga bermanfaat, salam satu data pendidikan Indonesia.
Silahkan hubungi kami
Jika Anda tidak bisa download file di Operatorsekolahdbn.com klik disini Download atau Jika Anda ingin berparsipasi dengan Donasi kepada kami. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain - Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel