Cara Melakukan Verifikasi Akun PTK Pada Aplikasi Dapodik

Seperti kita ketahui bahwa aplikasi Dapodik Versi 2021 secara resmi telah dirilis oleh Kemdikbud. Penambahan vitur baru yaitu verifikasi akun PTK pada Dapodik diwajibkan untuk seluruh guru dan tenaga administrasi. Dengan demikian, operator sekolah, guru, serta tenaga kependidikan harus memverifikasi akun yang terdiri dari email dan password untuk login aplikasi Dapodik.


Disini akan dijelaskan bagaimana cara melakukan Verifikasi Akun PTK Pada Aplikasi Dapodik, sebagaimana akan dijelaskan secara lengkap di bawah ini. Jika rekan-rekan guru dan tenaga kependidikan sekolah ingin melakukan verifikasi akun PTK Dapodik, silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini:
1. Hal yang dilakukan pertama sekali rekan operator sekolah harus mengunjungi halaman Dapodik dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id. Kemudian pada baris menu halaman Web pilih Login - Manajemen Sekolah. Seperti gambar di bawah ini.


bisa juga langsung mengunjungi link berikut ini sp.datadik.kemdikbud.go.id.

2. Setelah Autentikasi Berhasil, kemudian rekan operator sekolah akan diarahkan untuk masuk ke halaman Autentikasi Pengguna Dapodik, kemudian klik LOGIN MENGGUNAKAN SSO.


3. Setelah tampil halaman Login Dapodik Autentikasi Pengguna, selanjutnya isikan pada kolom berikut:
Email: ketikkan email yang digunakan untuk login pada Aplikasi Dapodik.
Password: ketikkan password login Dapodik
Setelah selesai klik tombol Masuk.


4. Kemudian rekan operator membuka halaman Data Pokok - AKUN - Daftar Akun, Jenis Akun pilih PTK. Lalu klik TAMPILKAN.


5. Kemudian akan ditampilkan list PTK yang telah memiliki akun PTK, apabila nama PTK tidak tampil pada list tersebut silahkan tambah dahulu akun PTK pada menu Tambah Akun. Langkah berikutnya klik edit (Gambar Pensil) pada daftar Guru atau Tendik tersebut.


6. Kemudian pada kolom Username: silahkan ketik email jika ingin mengganti email dan jika email masih tetap tidak perlu diganti, tetapi jika email rekan guru dan tendik sudah tidak aktif atau lupa passwordnya silahkan buat email baru saja, kemudian ketik password PTK. Jika sudah dibuat klik tombol UPDATE.


7. Selanjutnya operator sekolah meminta untuk guru atau tendik untuk memverifikasi akun Dapodiknya masing-masing membuka link berikut ini ptk.datadik.kemdikbud.go.id atau https://sso.datadik.kemdikbud.go.id/app/4031C604-124C-4057-8631-99E0152C4C70.
Email: ketikkan email PTK yang digunakan untuk login pada Aplikasi Dapodik.
Password: ketikkan password PTK login Dapodik
Setelah selesai klik tombol Masuk.

8. Berikutnya buka menu Data PTK - BIODATA.


9. Klik submenu Akun.


10. Kemudian klik tombol VERIFIKASI SEKARANG.
Pada kolom Email Aktif: isikan email yang benar-benar aktif (akan terisi otomatis).
Klik tombol LANJUTKAN.



11. Pada Kolom Kode Verifikasi: isikan kode verifikasi yang telah dikirim ke alamat email PTK masing-masing, misalnya menggunakan Gmail.



12. Copy dan paste kode yang telah dikirim ke alamat email rekan guru dan tendik, selanjutnya klik SIMPAN.


12. Jika telah berhasil melakukan verifikasi akun PTK, maka setelah operator sekolah melakukan sinkronisasi ke server pusat status akun pada PTK di aplikasi Dapodikdsmen akan berubah menjadi Terverifikasi.

Cara Verifikasi Akun PTK Dapodik Via Email

1. Silahkan buka Akun Email rekan-rekan guru.

2. Buka Kotak Masuk - Buka Pesan Verifikasi akun GTK Dapodik. Klik tautan verifikasi email.


3. Pada Kolom Masukkan NIK, isi NIK anda kemudian klik tombol VERIFIKASI SEKARANG.


4. Jika verifikasi akun berhasil akan tampil gambar di bawah ini.


Demikian Cara Melakukan Verifikasi Akun PTK Pada Aplikasi Dapodik, semoga dapat membantu rekan-rekan PTK di seluruh sekolah wilayah Indonesia. Selamat mencoba.
Silahkan hubungi kami
Jika Anda tidak bisa download file di Operatorsekolahdbn.com klik disini Download atau Jika Anda ingin berparsipasi dengan Donasi kepada kami. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.operatorsekolahdbn.com - Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel