Solusi Gagal Download Prefill Dapodik, Data Akun Operator Belum Terdaftar

Dalam kesempatan kali ini kita masih membahas seputar permasalahan pada aplikasi Dapodik, semoga operator masih diberikan kesehatan dan keberkahan dalam kehidupan, serta kekuatan sehingga masih dapat melakukan penginputan data pada Aplikasi Dapodik. Aplikasi Dapodik Versi 2021 telah dirilis oleh Kemdikbud, dibarengi dengan penambahan fitur-fitur baru guna peningkatan kualitas pendataan sekolah. 


Disini akan dibahas permasalahan pada saat operator sekolah akan melakukan prefill Dapodik, terdapat keterangan "Data akun operator belum terdaftar silahkan menghubungi Dinas. Silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.


1. Penyebab dari data akun operator sekolah belum terdaftar, dikarenakan email operator sekolah digunakan juga sebagai email PTK. Ini kemungkinan operator sekolah tersebut merangkap jabatan sebagai petugas operator Dapodik juga sebagai guru, atau operator sekolah pernah mengganti email baru untuk login dapodik sebelumnya.

2. Untuk mengatasinya yang harus dilakukan ialah membuka halaman Manajemen Sekolah pada alamat sp.datadik.kemdikbud.go.id. Login menggunakan akun operator sekolah, jika tidak bisa akses dengan akun operator dapodik coba akses menggunakan akun PTK jika rekan operator sebagai operator dapodik juga. Karena ada beberapa kasus login ke manajemen sekolah menggunakan akun operator dapodik tidak bisa, tetapi menggunakan akun PTK bisa login.

3. Kemudian buka menu pada halaman Manajemen Sekolah Data Pokok - AKUN - Daftar Akun, Jenis Akun pilih Admin. Lalu klik TAMPILKAN.

4. Silahkan lakukan verifikasi akun operator sekolah, cek email operator dapodik dan email PTK yang bertugas sebagai operator dapodik, kalau sama ganti email operator dapodiknya dengan email yang baru. Silahkan lihat panduan lengkapnya telah disajikan artikel sebelumnya berikut ini Cara Melakukan Verifikasi Akun Operator Sekolah Pada Aplikasi Dapodik.
Silahkan hubungi kami
Jika Anda tidak bisa download file di Operatorsekolahdbn.com klik disini Download atau Jika Anda ingin berparsipasi dengan Donasi kepada kami. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain - Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel