Cara Melakukan Verifikasi Akun Operator Sekolah Pada Aplikasi Dapodik

Tepat pada tanggal 19 Juli 2020 kemarin, aplikasi Dapodik Versi 2021 secara resmi dirilis oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun pelajaran 2020/2021. Aplikasi Dapodikdasmen ini membawa perubahan dan perbaikan aplikasi guna semakin meningkatan kualitas pendataan sekolah pada jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, dan SMK. 


Salah satu yang terpenting adanya fitur yang mana diwajibkan operator sekolah untuk melakukan verifikasi akun Operator Sekolah Pengelola Dapodik, dimana email untuk Login Dapodik harus benar-benar aktif dan tidak menggunakan email orang atau milik sekolah lain. Ini tentunya dilakukan guna meningkatkan privasi serta keamanan pendataan Dapodik di sekolah masing-masing, serta menghindari tindakan oknum-oknum tidak bertanggungjawab yang ingin secara sengaja mengakses tanpa izin Data Dapodik yang kemungkinan dapat terjadi. Mengingat akan semakin vitalnya data Dapodik sekolah, karena data Dapodik ini semakin berkaitan dengan berbagai pendataan bidang pendidikan lainnya.

Disini akan dijelaskan bagaimana cara melakukan Verifikasi Akun Operator Sekolah Pada Aplikasi Dapodik, sebagaimana akan dipaparkan secara lengkap di bawah ini. Jika rekan-rekan operator sekolah ingin melakukan verifikasi akun operator sekolah, silahkan ikuti langkah-langkahnya:
1. Hal yang dilakukan pertama sekali rekan operator harus mengunjungi halaman Dapodik dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id. Kemudian pada baris menu halaman Web pilih Login - Manajemen Sekolah. Seperti gambar di bawah ini.


bisa juga langsung mengunjungi link berikut ini sp.datadik.kemdikbud.go.id.

2. Setelah Autentikasi Berhasil, kemudian rekan operator sekolah akan diarahkan untuk masuk ke halaman Autentikasi Pengguna Dapodik, kemudian klik LOGIN MENGGUNAKAN SSO.


3. Setelah tampil halaman Login Dapodik Autentikasi Pengguna, selanjutnya isikan pada kolom berikut:
Email: ketikkan email yang digunakan untuk login pada Aplikasi Dapodik.
Password: ketikkan password login Dapodik
Setelah selesai klik tombol Masuk.


4. Kemudian rekan operator akan dibawa ke halaman Verifikasi akun dan akan ditampilkan email operator Dapodik, lakukan klik tombol VERIFIKASI AKUN.


5. Langkah berikutnya rekan operator silahkan login ke akun email yang telah terdaftar tadi misalnya login ke Gmail, untuk melihat Kode verifikasi yang dikirim ke alamat email yang dikirim dari email [email protected] dengan judul pesan Dapodik Kemdikbud. Setelah rekan operator membuka kotak masuk email, kemudian copy Kode verifikasi yang dikirim tersebut.


6. Selanjutnya buka kembali halaman Verifikasi akun, pada kolom isian Kode Verifikasi pastekan atau ketik kode verifikasi yang telah dikirim tadi.


7. Terakhir untuk memastikan apakah Verifikasi Akun yang telah dilakukan tadi berhasil, silahkan buka menu Data Pokok dan pilih Submenu AKUN, pada Akun Individu pilih Jenis Akun Admin, lalu klik TAMPILKAN. Lihat pada baris list akun Dapodik apakah telah tampil status Sudah pada kolom Verifikasi Akun.


Demikian Cara Melakukan Verifikasi Akun Operator Sekolah Pada Aplikasi Dapodik, semoga dapat membantu rekan-rekan operator Dapodik seperjuangan di seluruh Indonesia. Salam Satu Data Pendidikan Indonesia.
Silahkan hubungi kami
Jika Anda tidak bisa download file di Operatorsekolahdbn.com klik disini Download atau Jika Anda ingin berparsipasi dengan Donasi kepada kami. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain - Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel