Aplikasi Dapodik PAUD dan Dikmas Tahun 2019

Salam kepada rekan operator sekolah semua, diinformasikan bahwa Aplikasi Dapodik PAUD dan Dikmas sudah dirilis terhitung tanggal 4 Juli 2019. Kepada operator PAUD diberitahukan bahwa pengentrian data Dapodik PAUD dan Dikmas hanya dapat dilakukan melalui aplikasi/metode Dapodik Online.


Adapun alamat untuk melakukan pengisian datanya pada tautan berikut ini http://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/dapodik. Kami akan merilis aplikasi Dapodik Offline dalam waktu dekat.

Perlu perhatian bagi satuan pendidikan PAUD yang hendak menggunakan aplikasi Dapodik Online, silahkan mengubah dulu metode sinkronisasinya melalui aplikasi Manajemen Dapodik PAUD dan Dikmas http://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id

Untuk melakukan Login menggunakan username dan password dapodik sekolah anda, jika belum memiliki akun, silahkan klik tombol registrasi, dan di laman selanjutnya masukkan kode registrasi dan NPSN Sekolah anda.


Untuk meningkatkan kualitas serta pengontrolan sistem pendidikan yang ada di Indonesia pemerintah todak hanya memberlakukan sitem Dapodik untuk sekolah tingkat dasar dan menengah. Lebih dari itu pemerintah juga memiliki sistem Dapodik untuk pendidikan dini (Paud). Dapodik sendiri merupakan kepanjangan dari Data Pokok Pendidikan. Sesuai dengan namanya Dapodik Paud merupakan data pokok pendidikan yang ada di tingkat lembaga pendidikan dini (paud). Sama juga dengan Dapodik pada tingakat sekolah dasar dan menengah, Dapodik Paud memiliki aplikasi sendiri. Adapun kegunaan dari aplikasi tersebut adalah untuk pengumpulan, pengolahan dan analisis data dengan kriteria sebagai berikut:

Data dari lembaga atau satuan Paud baik itu yang terdiri dari TK, TPA, KB, dan SPS yang sudah mempunyai Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN).
Data pendidikan serta tenaga kependidikan yang disingkay PTK PAUD yang terdiri dari pendidik, guru, pendamping, pengasuh, pengelola, pengawas TK yang memiliki tugas di lembaga atau satuan PAUD yang sudah memiliki NPSN.
Data dari peserta didik PAUD yang ada di lembaga atau satuan PAUD yang mempunyai NPSN dan selanjutnya akan diberikan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) serta data refrensi dalam Dapodik Paud yang terdiri dari:

- NPSN (Data Nomor Lembaga)
- NISN (Data Nomor Peserta Didik)
- NUPTK/ NIPTK (Data Nomor Pendidik)
- Data Kode Wilayah
- Data Refrensi yang terkait dengan lembaga, peserta didik dan pendidik.

Adapun sistem dari Dapodik Paud DIKMAS adalah untuk memberikan harapan baru atas kualitas data pendidikan yang lebih baik efesien dan cepat. Adapun selogan yang di gunakan adalah ‘satu nusa satu bangsa, dan satu data’ menjadi daya penyemangat tersendiri untuk mewujudkan kebijakkan yang saling bersinergi serta terpadu antara unit yang satu dengan unit yang lain sehingga pada akhirnya akan terbentuk efesiensi dalam terbentuknya Dapodik Paud yang baik dan terintegritas.

Adapun dalam pengoprasianya di butuhkan seorang operator yang khusus meng- imput data ke aplikasi Dapodik Paud. Adapun rekomendasi operator dalam memasukkan data paud ke aplikasi yang ada adalah:

Demikianlah informasi tentang aplikasi Dapodik Paud Dikmas tahun 2019, semoga bermanfaat untuk rekan-rekan operator sekalian.
Silahkan hubungi kami
Jika Anda tidak bisa download file di Operatorsekolahdbn.com klik disini Download atau Jika Anda ingin berparsipasi dengan Donasi kepada kami. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain - Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Aplikasi Dapodik PAUD dan Dikmas Tahun 2019"

Posting Komentar

Silahkan komentar pada kolom yang disediakan, anda juga dapat meminta sesuatu kepada kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel