Solusi Gagal Tarik Peserta Didik Online Dapodik, Peserta Didik Telah Terdaftar Di Sekolah Lain

Kembali kita membahas seputar permasalahan yang terjadi pada aplikasi Dapodik versi 2021. Mengingat pendataan pada Aplikasi Dapodik yang kompleks dan membutuhkan keseriusan serta ketelitian sehingga tercipta data yang akurat dan berkualitas. Proses penginputan data pada Aplikasi Dapodik harus berdasarkan prinsip integritas, dan proses penginputan data harus berdasarkan keadaan yang sebenarnya atau realistis. Tidak boleh pendataan pada aplikasi Dapodik dilakukan dengan cara rekayasa/manipulasi data.


Topik pemaparan kali ini akan membahas mengenai cara melakukan penambahan peserta didik baru atau mutasi pada aplikasi Dapodik, yang mana ini perlu kita sampaikan mengingat mekanisme penambahan peserta didik baru tidak dapat dilakukan melalui aplikasi Dapodik langsung, tetapi harus melakukan penarikan data peserta didik secara online. 

Pada permasalahan kali ini yang perlu disampaikan ialah mengenai gagal menarik peserta didik baru secara online pada halaman manajemen sekolah, dengan keterangan peserta didik telah terdaftar di sekolah lain. Ada beberapa sekolah yang mencoba melakukan penggelembungan data peserta didiknya, biasanya sekolah swasta atau sekolah yang jumlah peserta didiknya minimum/sedikit. Adapun modusnya menarik peserta didik yang sebenarnya si peserta didik tidak aktif bersekolah pada sekolah tersebut, tetapi aktif dan terdaftar di sekolah lain pada penerimaan peserta didik baru. Pihak sekolah tersebut tentunya operator sekolah maupun kepala sekolah selaku penanggungjawab data, berusaha menambah peserta didik siluman pada Dapodiknya, sehingga jumlah peserta didik mereka menjadi bertambah. Sehingga sewaktu proses penyaluran dana BOS yang mana perhitungannya berdasarkan jumlah peserta didik yang terdaftar pada aplikasi Dapodik dan dilakukannya Cut-Off BOS sesuai dengan batas waktu yang ditentukan, maka sekolah tersebut menerima dana BOS tidak sesuai dengan jumlah keadaan peserta didik yang aktif di sekolahnya. Sehingga sekolah tersebut diuntungkan, sedangkan sekolah yang sebenarnya memiliki daftar nama peserta didik tersebut jumlah dana BOSnya menjadi berkurang. 

Berikut tampilan daftar peserta didik yang telah didaftarkan oleh sekolah lain yang sebenarnya peserta didik tersebut aktifnya di sekolah rekan operator, mengalami kegagalan ketika dilakukan penarikan secara online data Dapodiknya.


Jika peserta didik telah terdaftar di sekolah rekan operator tetapi sebenarnya peserta didik tersebut tidak sedang aktif di sekolah, yang mungkin terjadi akibat salah tarik data peserta didik baru mohon untuk secepatnya dikeluarkan melalui menu Registrasi Peserta Didik pada Aplikasi Dapodikdasmen. Jika ada unsur kesengajaan yang dilakukan operator atau pihak sekolah, maka dihimbau jangan berbuat demikian, karena dapodik dirancang secara online, dan penggunaannya serta pengawasannya dilakukan secara tersistem dan diperketat, demi menimalkan tindakan manipulatif data dan kecurangan pendataan Dapodik, Karena banyak temuan pada sistem Dapodik data peserta didik yang tidak memiliki daftar sekolah alias peserta didik siluman pada server Dapodik sehingga harus dikontrol secara ketat. Untuk itu kepada rekan-rekan semua dihimbau untuk berhati-hati dan disikapi dengan bijak.

Bagaimana cara mengeluarkan atau memaksa menarik peserta didik yang telah didaftarkan oleh sekolah lain, agar datanya masuk pada Dapodik sekolah kita dimana peserta didik tersebut aktif yaitu dengan cara melakukan koordinasi atau konfirmasi pada Dinas Pendidikan maupun Cabang Dinas Pendidikan setempat. Tentunya dengan cara memberikan dokumen peserta didik tersebut seperti rekap peserta didik, SKL/SKHU, dan Kartu Keluarga yang akan diinputkan ke sistem Dapodik sekolah. Maka Operator Dinas Pendidikan/Cabang Dinas Pendidikan akan melakukan verifikasi data peserta didik tersebut. Sehingga ketika sinkronisasi Aplikasi Dapodik, data peserta didik tersebut yang telah ditarik atau ditambahkan secara online tersebut, berhasil masuk ke aplikasi Dapodik lokal pada Laptop/PC.

Sekian penjelasan tentang solusi gagal tarik peserta didik online Dapodik, Peserta didik telah terdaftar di sekolah lain
Silahkan hubungi kami
Jika Anda tidak bisa download file di Operatorsekolahdbn.com klik disini Download atau Jika Anda ingin berparsipasi dengan Donasi kepada kami. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.operatorsekolahdbn.com - Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel