Modul PKP Berbasis Zonasi Bimbingan dan Konseling SMP

Dalam hal ini telah dibagikan Paket unit Pembelajaran (Modul) Untuk Program Kompetensi Pembelajaran (PKP) Guru SMP Mata pelajaran Bimbingan dan Konseling Edisi 2019/2020.


Peningkatan kompetensi pembelajaran (PKP) Berbasis zonasi mata pelajaran BK Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang mempelajari materi Kemampuan belajar Self- instruction merupakan prosedur yang dirancang untuk meningkatkan kendali diri secara tersendiri/mandiri melalui pernyataan- pernyataan verbal yang mendorong, membimbing dan memelihara tindakan- tindakan nonverbal. 

Teknik Self-Instruction

Definisi self-instruction menurut Bryan & Budd (1982:259) yaitu “self instruction is a procedure designed to enhance an individual’s self-control through verbal statements that prompt, guide, and maintain nonverbal actions”. Self- instruction merupakan prosedur yang dirancang untuk meningkatkan kendali diri secara tersendiri/mandiri melalui pernyataanpernyataan verbal yang mendorong, membimbing dan memelihara tindakantindakan non-verbal. Blackwood, Dubey & O’Leary, dan Vygotsky (Chang Tang, 2006) mengemukakan self-instruction approach is to emply verbally mediated training to enhance self-control via the use of the self-verbalizations as discriminative stimuli and reinforcers during the performance of a task. Pendekatan self-instruction yaitu menggunakan pelatihan mediasi verbal untuk meningkatkan kendali diri dengan menggunakan verbalisasi diri sebagai penguat selama melaksanakan tugas. Kendell & Braswell (1985) menambahkan self-instruction merupakan pernyataan-pernyataan pengarahan diri yang menerapkan strategi berpikir untuk anak dengan mengurangi area (pemikiran negatif) dan pada gilirannya sebagai bimbingan bagi anak dalam menindaklanjuti penyelesaian proses-proses pemecahan masalah. Self-instruction menggambarkan keinginan untuk merinci prosesproses (pemecahan masalah) ke dalam tahapan-tahapan tersendiri dan karena itu, setiap self-instruction menunjukkan satu tahap penyelesaian masalah.

Self-Instruction merupakan suatu teknik untuk membantu konseli terhadap apa yang konseli katakan kepada dirinya dan menggantikan pernyataan diri yang lebih adaptif (Ilfiandra, 2008). Hal ini berdasarkan pada asumsi Meichenbaum (Baker dan Butler, 1984) yang mengatakan bahwa individu yang mengalami perilaku salah (maladjustment) adalah karena pikiran irasional yang diakibatkan kesalahan dalam melakukan verbalisasi diri (self-verbalization). Teknik self-instruction mengganti verbalisasi yang kurang tepat terhadap diri dengan verbalisasi yang lebih dapat diterima. Elisa (2005) menambahkan Konsep Self-Instructional Coping Methods yaitu mengganti pikiran negatif menjadi positif untuk merubah perilaku. Dengan demikian, self-instruction merupakan teknik pengarahan diri melalui verbalisasi diri yang mengganti pikiran yang negatif dengan pikiran yang positif untuk memperbaiki perilaku.

Dari berbagai definisi yang diungkapkan oleh para ahli, disimpulkan bahwa teknik self-instruction merupakan teknik verbalisasi diri dengan mengganti pikiran negatif menjadi pikiran positif melalui berbagai tahapan untuk memperbaiki perilaku.

Silahkan lihat di bawah ini:

Download:
  • Modul PKP Berbasis Zonasi Bimbingan dan Konseling SMP | Download
Silahkan hubungi kami
Jika Anda tidak bisa download file di Operatorsekolahdbn.com klik disini Download atau Jika Anda ingin berparsipasi dengan Donasi kepada kami. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.operatorsekolahdbn.com - Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel