Cara Melakukan Verval Rapor Mutu Sekolah Pada Manajemen PMP Melalui Akun Pengawas Sekolah

Dalam kesempatan ini akan diberikan penjelasan kepada rekan-rekan pengawas sekolah mengenai cara melalakukan Verifikasi Rapor Mutu Sekolah Pada Manajemen PMP Melalui Akun Pengawas Sekolah.



Adapun tugas bagi bapak/ibu pengawas sekolah binaan setelah masing-masing responden mengisi dan menyelsaikan kuesioner isian EDS Dikdasmen pada Aplikasi EDS Dikdasmen Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maka tugas pengawas adalah melakukan Verval Rapor Mutu Sekolah oleh pengawas. Setelah proses tersebut barulah sekolah dapat mencetak Pakta Integritas dan Pengerjaan Aplikasi EDS Dikdasmen Offline Versi 2019 dinyatakan selesai.

Menginput Kunjungan Supervisi

Pengawas Sekolah atau Pengawas Binaan Sekolah harus melakukan kunjungan disetiap masing-masing sekolah kemudian menginput secara online username dan pasword sebagai pengawas sekolah pada halaman Manajemen PMP Kemdikbud. Disini akan diberikan pemaparan bagaimana cara mengisi daftar kunjungan ke sekolah pada manajemen PMP, silahkan simak langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Pertama sekolah silahkan buka halaman Manajemen PMP disini http://manajemen.pmp.kemdikbud.go.id.

2. Kemudian login dengan klik gambar seperti di bawah ini.


3. Kemudian login menggunakan akun pengawas sekolah. Secara default menggunakan Nomor Induk Pegawai (NIP). Klik Masuk, kemudian silahkan ganti username dan password melalui profil pengguna.


4. Selanjutnya pilih menu Kunjungan Supervisi, kemudian pilih sekolah binaan dan pada status ada ada titik 3. Silahkan isi Rencana Kunjungan.


5. Klik tombol Tambah Rencana (+).


6. Yang harus diisi pada pada Rencana Kunjungan yaitu tanggal, keterangan (contoh: Sosialisasi Sistem Penjaminan Mutu Internal), klik Simpan.


7. Selesaikan isian Rencana Kunjungan yaitu Manajemen Sekolah, Proses Pembelajaran, Kompetensi lulusan sampai seperti ini.


8.  Selanjutnya buka Menu Formulir Supervisi, selesaikan 5 tahapan pada formulir supervisi pengawas. Isikan tanggal, keterangan, dan unggah berkas pendukung maks. 2MB (dalam format .pdf, .doc, .docx, .xls, .xlsx, .png, .jpeg). Klik Lanjutkan.


9. Kemudian isikan Hasil Pengamatan, Analisis Hasil, Solusi, Aktivitas Pendampingan, unggah berkas pendukung maks. 2MB (dalam format .pdf, .doc, .docx, .xls, .xlsx, .png, .jpeg). Klik Lanjutkan.


10. Untuk memastikan apakah formulir supervisi pengawas sudah terisi silahkan buka Hasil Supervisi, pilih Daftar Hasil Supervisi.


Cara Melakukan Verval Rapor Mutu

1. Silahkan klik menu Verval Rapor Mutu. Selanjutnya pilih sekolah binaan, klik titik 3 seperti gambar.



2. Kemudian klik Tombol Verifikasi Sekolah.


3. Lalu akan tampil Verifikasi Rapor Mutu. Akan tampil nilai dan Predikat seperti daftar berikut ini.

KATEGORI CAPAIAN
Kategori
Batas Bawah
Batas Atas
*
Menuju SNP 1
0
2,04
**
Menuju SNP 2
2,05
3,7
***
Menuju SNP 3
3,71
5,06
****
Menuju SNP 4
5,07
6,66
*****
SNP
6,67
7

Selanjutnya klik Unduh Excel, sebagai arsip sekolah, pengawas sekolah, dan laporan jika diminta oleh LPMP.


4. Rapor Mutu telah didownload ke dalam format Excel.


Silahkan hubungi kami
Jika Anda tidak bisa download file di Operatorsekolahdbn.com klik disini Download atau Jika Anda ingin berparsipasi dengan Donasi kepada kami. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.operatorsekolahdbn.com - Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel