Cara Pengaturan Sesi Peserta Asesmen Nasional di Web ANBK Kemdikbud Tahun 2021

Asesmen Nasional yang selanjutnya disingkat AN adalah evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah dengan menggunakan instrumen asesmen kompetensi minimum, survei karakter, dan survei lingkungan belajar.



Dalam kesempatan ini akan dijelalaskan langkah-langkah pengaturan Sesi Peserta Asesmen Nasional di Web ANBK Kemdikbud Tahun 2021. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Silahkan buka halaman ANBK Kemdikbud di sini anbk.kemdikbud.go.id.
Login menggunakan 
Username : 1PPKKSSSS
Password : ANBKPPKKSSSS1*
Keterangan:
  • 1: Ketik jenjang sekolah (D: untuk SD, P: untuk SMP, A: untuk SMA, K: untuk SMK)
  • PP: Ketik kode Provinsi 2 digit
  • KK: Ketik Kode Kabupaten/Kota 2 digit
  • SSSS: Ketik Kode Sekolah 4 digit
Kemudian ketik Kode Keamanan yang tampil pada kolom, lalu klik tombol Masuk.


2. Pilih menu Asesmen Nasional - lalu pilih sub menu Pengaturan Sesi.



3. Lalu anda dapat memilih dengan centang semua atau centang satu per satu untuk dipilih peserta yang akan didaftarkan sesinya. Untuk dapat melakukan pengisian sesi peserta ANBK checklist daftar nama peserta dan klik tombol Edit. Dalam pengaturan sesi proktor diminta untuk menentukan ID Proktor/Ruang pada setiap peserta ANBK, gelombang, dan sesi. 
ID Proktor/Ruang: isi Komputer/Server Proktor yang dipakai.
Gelombang: Isikan Gelombang 1 atau Gelombang 2.
Sesi Pada Hari Ke-1 dan Ke-2: Isikan Sesi 1/2/3

Dalam pengaturan sesi ini hal yang harus diperhatikan adalah ketersediaan sarana dan prasana sesuai kondisi sekolah yang telah diisi dalam VervalTIK. Proktor dapat menentukan peserta tersebut dalam sesi berdasarkan nomor urut ataupun berdasarkan lokasi tempat tinggal berdasarkan jarak di sekolah. Misalnya ada peserta didik yang jauh lokasi tempat tinggal dari sekolah sebaiknya diberikan sesi 1 dan sebaliknya peserta didik yang tempat tinggalnya dekat dekan sekolah diberikan sesi 2 atau sesi 3 (tergantung kondisi sekolah).



4. Apabila pengaturan sesi telah dilakukan, rekan proktor dapat melihat rekap dengan klik pada sub menu Pengaturan Sesi tombol Rekap - pilih Lihat Rekap. Rekan proktor juga dapat mendownload daftar peserta didik yang telah diisi sesinya dengan mengklik tombol Download Excel.


5. Setelah rekap pengaturan sesi tampil, silahkan rekan proktor klik tombol Cetak.


Demikian penjelasan tentang  Cara Pengaturan Sesi Peserta Asesmen Nasional di Web ANBK Kemdikbud Tahun 2021, semoga bermanfaat untuk rekan-rekan Proktor ANBK di seluruh Indonesia.
Silahkan hubungi kami
Jika Anda tidak bisa download file di Operatorsekolahdbn.com klik disini Download atau Jika Anda ingin berparsipasi dengan Donasi kepada kami. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain - Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel