Cara Mengisi Data Pada Siaga Pendis Dalam Pengusulan Tunjangan Profesi Guru Agama Islam

Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai fitur baru pada Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama (SIAGA) PENDIS. Siaga Pendis adalah sistem informasi yang digunakan dalam administrasi guru agama pada sekolah umum. Siagapendis dikelola oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. 


Bagi guru pendidikan Agama Islam yang ingin melakukan pengusulan daftar penerima Tunjangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021 dilakukan melalui halaman siagapendis.com


Berikut langkah-langkah melakukan pengisian atau perbaikan data pada halaman SIAGA PENDIS, silahkan rekan guru Agama Islam simak di bawah ini:

1. Pertama sekali silahkan login ke halaman SIAGA PENDIS. siagapendis.com/login atau askses ke halaman siagapendis.com kemudian klik tombol LOGIN PENDIS.

2. Selanjutnya pada halaman login isikan Nomor Akun dan Kata Kunci, kemudian klik Masuk.

3. Pada saat hendak mengisi jadwal pembelajaran pada menu Jadwal dan Tugas Mengajar, tampil informasi 'Data Portofolio atau Status Pegawai Belum Lengkap. Disini kita diminta untuk memeriksa kembali data pribadi. Cek melalui mulai dari Data Portofolio: Personal - Status Pegawai - Pendidikan - Keluarga - Riwayat Pelatihan - Prestasi (jika ada).


4.  Buka menu Personal, lalu klik Ubah.


5. Setelah dicek ternyata Nama Ibu masih kosong. Kolom nama ibu kandung ini merupakan data isian terbaru, silahkan isikan nama Ibu Kandung.



Jika telah selesai mengisi, klik Simpan.


6. Selanjutnya klik tombol Lanjut Permanen Data Portofolio.


7. Berikutya pada Log Perubahan Data Portofolio klik tombol JADIKAN PERMANEN.


8. Maka status Data Portofolio akan berisi informasi 'Menunggu Persetujuan Kabupaten/Kota'. Disini rekan guru Agama Islam silahkan hubungi admin Siaga Pendis yang ada di Kabupaten/Kotanya masing-masing untuk melakukan verifikasi.


9. Kemudian isi jadwal mengajar pada menu Jadwal dan Tugas. Klik Tambah Jam Mengajar lalu isikan daftar mengajar pada kelas yang diampu dengan mengisi Kelas, Rombel, Mata Pelajaran, Jumlah Jam, Jumlah Siswa dan Tugas Tambahan jika ada. Jika sudah diisi selanjutnya Unduh Jadwal dan Tugas Tambahan.



10. Lalu tanda tangan oleh Kepala Sekolah/Madrasah dan distempel basah.

11. kemudian Unggah Jadwal dan Tugas Tambahan. Ketentuan format file yang harus disiapkan PDF, JPG, JPEG, PNG. (200 KB - 500 KB).


12. Kemudian isi daftar absensi. Klik menu Absensi lalu klik tombol Tambah untuk memasukkan daftar absen bulan berikutnya.



13. Adapun data yang harus diisi sebagai berikut:

  • Sekolah: pilih nama sekolah.
  • Bulan: pilih bulan yang akan ditambah. Contoh: Maret.
  • Tahun: pilih tahun berjalan. Contoh: 2021
  • Status Cuti: Tidak ada cuti.
  • Upload absensi: pilih file absensi dan upload melalui tombol Browse. Tipe File: pdf, jpg, png, jpeg Ukuran Maksimal: 150kb.



14. Langkah berikutnya silahkan buka menu NRG, lakukan Verval NRG ulang. 

15. Cetak SKMT pada menu SKMT.

Demikian cara mengisi atau update data pada Siaga Pendis dalam pengusulan Tunjangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, semoga bermanfaat untuk rekan-rekan guru PAI di seluruh Wilayah Indonesia.

Silahkan hubungi kami
Jika Anda tidak bisa download file di Operatorsekolahdbn.com klik disini Download atau Jika Anda ingin berparsipasi dengan Donasi kepada kami. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain - Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel