Cara Melakukan Instalasi Dapodik Satu Laptop untuk Lebih dari 1 Sekolah

Kembali kita bersama kembali rekan-rekan operator sekolah seluruh nusantara, tema pembahasa kita kali ini yaitu Cara Melakukan Instalasi Dapodik Satu Laptop/Komputer untuk Beberapa Sekolah. Hal ini merupakan penjelasan dari solusi menjalankan aplikasi Dapodik pada 1 laptop untuk jenjang sekolah lebih dari 1 sekolah. 


Mungkin ada teman-teman operator Dapodik yang melakukan pengerjaan pendataan Dapodik pada 2 jenjang misalnya sekolah Yayasan, rekan operator Dapodik bertugas sebagai operator SD dan SMP, serta SMA. Misalnya lagi ada teman operator Dapodik yang bertugas di satuan pendidikan SD dan SMP negeri, serta SMA/SMK. Tentunya kalau masing-masing aplikasi Dapodik diinstal pada laptop yang berbeda-beda akan sedikit merepotkan dan tentunya akan menambah biaya seperti membeli laptop baru lagi. Maka dengan cara ini rekan operator sekolah tidak perlu direpotkan untuk melakukan penginstalan aplikasi Dapodik jika sekolah yang ditanggungjawabkan lebih dari 1 sekolah, cukup pakai satu laptop saja, maka rekan operator Dapodik bisa mengerjakannya sekaligus.


Dapat kita analogikan bahwa jika kita memiliki 2 mobil dan 1 jalan, maka kita tidak perlu membuat jalan baru lagi. Cukup berbagi jalan saja agar kedua mobil tersebut bila lewat, ataupun rekan operator tidak perlu lagi beli mobil baru, jalannya yang dibagi. Jadi jika rekan operator bertugas pada 2 sekolah, cukup hanya memiliki 1 komputer/PC saja, maka sudah dapat menginstal aplikasi Dapodik untuk masing-masing sekolah tersebut.


Silahkan ikuti langkah-langkah Cara Melakukan Instalasi Dapodik Satu Laptop/Komputer untuk lebih dari 1 Sekolah, seperti berikut ini:

1. Hal pertama sekali yang harus dilakukan rekan operator Dapodik lakukan ialah mendownload dahulu Installer dan Patch aplikasi Dapodiknya.

2. Download juga file Prefill masing-masing sekolah, jika ada 2 sekolah yang ditangani maka download kedua prefill Dapodik sekolah tersebut. Untuk download prefill Dapodik dapat dilakukan DI SINI.

2. Kemudian lakukan instalasi aplikasi Dapodik. 

3. Lakukan Registrasi menggunakan Email, Password, dan Kode Registrasi sekolah. Adapun metode registrasi yang dapat dilakukan yaitu dengan Online dan Offline. Silahkan copy dan paste Prefill Dapodik dahulu ke dalam direktori C:\prefill_dapodik sebelum melakukan registrasi Dapodik, harap nya 1 prefill sekolah yang dicopy paste jika hendak melakukan registrasi dan jika berlanjut ke sekolah kedua maka copy dan paste kembali file prefill ke dalam folder tersebut. 


4. Pada registrasi Dapodik sekolah pertama lakukan dengan cara mengisikan Email, Password, dan Kode Registrasi sekolah dan metode registrasi pilih satah satu contoh: Offline. Klik Submit jika sudah selesai dan jika berhasil akan tampil NPSN, Nama Sekolah, dan nama operator Dapodiknya., dan untuk sekolah berikutnya lakukan hal yang sama juga. Registrasi Dapodik dapat dilakukan di sini localhost:5774/registrasi


5. Silahkan login menggunakan akun masing-masing Dapodik untuk kedua sekolah tersebut, maka jika login menggunakan akun sekolah pertama akan tampil data sekolah pertama tersebut. Jika login menggunakan akun sekolah kedua, maka akan tampil data sekolah kedua tersebut.

Login Sekolah 1

Login Sekolah 2

Demikian informasi tentang ara Melakukan Instalasi Dapodik Satu Laptop/Komputer untuk Beberapa Sekolah, semoga bermanfaat.

Silahkan hubungi kami
Jika Anda tidak bisa download file di Operatorsekolahdbn.com klik disini Download atau Jika Anda ingin berparsipasi dengan Donasi kepada kami. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain - Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel