Cara Melakukan Verifikasi Rekening Sekolah Penerima Dana BOS Tahun Anggaran 2021

Pada kesempatan ini akan diberikan informasi mengenai proses penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Tahun Anggaran 2021 untuk Tahap I. Untuk itu dihimbau bagi sekolah penerima dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) segera melakukan Verifikasi Rekening BOS sebelum tanggal 20 Januari 2020, agar pencairan dana BOS dapat segera dilakukan.

Untuk kelancaran penyaluran Dana BOS, sangat disarankan Sekolah untuk memastikan status Rekening: Sudah Verifikasi atau Berhasil Verifikasi.

Rekening yang akan mendapatkan prioritas adalah rekening dengan status verifikasi: Sudah Verifikasi atau Berhasil Verifikasi.

Bagi sekolah yang status verifikasi rekening:

  1. Sudah  atau Berhasil Verifikasi: Sudah tidak ada kendala dalam penyaluran karena sudah sama dengan verifikasi Bank.
  2. Belum Verifikasi: Bank belum melakukan verifikasi, mohon tunggu update verifikasi Bank di BOS Salur.
  3. Gagal Verifikasi: Data rekening yang diinput sekolah berbeda dengan hasil verifikasi Bank. Silakan koordinasi dengan Bank untuk proses verifikasi.

Adapun Data Rekening Bank yang harus dilakukan verifikasi antara Data Dapodik sekolah dengan Data Bank yang harus sesuai atau sama, di antaranya:
  • Kode Bank: Nama Bank.
  • Nomor Rekening: Nomor Rekening BOS.
  • Nama Rekening: Nama Sekolah Sesuai Buku Rekening Bank.
  • Cabang Bank: Nama Cabang Bank Tempat Melakukan Pembuatan Buku Rekening BOS.

Jika pada data Bank di atas ada perbedaan data segera lakukan Perubahan Rekening, seperti Nama Sekolah berbeda pada data Dapodik dengan Daftar nama Sekolah pada Bank ataupun Nomor Rekening Bank berbeda antara Dapodik dengan Bank atau sekolah ingin melakukan pergantian Nomor Rekening Bank. Sebab jika sekolah tidak melakukan perbaikan Data Rekening sekolah yang digunakan untuk melakukan pencairan dana BOS, maka Kemdikbud tidak dapat melakukan transfer dana BOS ke rekening sekolah rekan-rekan.

Berikut cara melakukan Verifikasi Rekening Sekolah aktif pada halaman BOS Kemdikbud, silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:
1. Buka halaman BOS Kemdikbud berikut ini bos.kemdikbud.go.id.
2. Kemudian Login menggunakan Login Type Sekolah, dan klik tombol Login SSO Dapodik.


3. Kemudian masukkan akun Dapodik berupa Email dan Password, lalu klik Masuk.


4. Setelah berhasil login halaman BOS Kemdikbud, akan tampil pada Dashboard Status Verifikasi Rekening, jika status Belum Verifikasi atau Gagal Verifikasi segera lakukan perbaikan data Rekening Bank. Klik menu Konfirmasi Rekening.


5. Selanjutnya akan ditampilkan Data Rekening BOS Sekolah berdasarkan entrian Dapodik dan Data Rekening dari Bank. Jika ada data yang belum sesuai silahkan perbaiki data hingga daftar rekening bank sama antara Data pada Sekolah dan Bank sebagai rekening pencairan BOS. Untuk mengedit Data Rekening bisa dengan Update Manual atau Update Sesuai Data Bank.


6. Selanjutnya silahkan tunggu dan pantau hingga pusat melakukan verifikasi rekening sekolah rekan-rekan. Berikut tampilan jika rekan sudah melakukan perbaikan Data Rekening Sekolah dan tinggal menunggu proses verifikasi pusat dan bank.




Demikian informasi tentang cara melakukan Verifikasi Rekening Sekolah penerima dana BOS tahun anggaran 2021, semoga bermanfaat untuk rekan-rekan operator sekolah di seluruh tanah air.

Silahkan hubungi kami
Jika Anda tidak bisa download file di Operatorsekolahdbn.com klik disini Download atau Jika Anda ingin berparsipasi dengan Donasi kepada kami. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain - Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel