Solusi Data Registrasi Siswa Tidak Ditemukan Saat Registrasi LTMPT 2021

Salam sejahtera untuk kita seluruhnya, kali ini akan dibahas sebuah permasalahan pada proses registrasi di LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) untuk siswa/i yang berasal dari sekolah SMA/SMK.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) adalah lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi bagi calon mahasiswa baru, lembaga ini berada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia, LTMPT merupakan pijakan pertama bagi calon mahasiswa dan mahasiswi terpilih dalam menggapai cita-cita.

LTMPT memposisikan diri sebagai lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi yang terbaik dan terdepan di Indonesia dan memiliki tujuan khusus yaitu melaksanakan tes masuk perguruan tinggi yang kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel.

Adapun dalam melakukan pendaftaran/registrasi akun siswa pada portal LTMPT 2021 ditemukan kendala bagi beberapa orang siswa. Permasalahan tersebuat ada sewaktu melakukan registrasi dan ketika dimasukkan NISN siswa, NPSN sekolah dan tanggal lahir siswa muncul pesan “Data registrasi Tidak Ditemukan. NISN yang anda masukkan tidak tercatat di basis data Kemdikbud dan Kemenag. Mohon hubungi pihak sekolah untuk perbaikan data.”, padahal NISN yang dientrikan sudah sesuai dengan ijazah SMP/MTs dan tercatat di database Kemdikbud. 

Berikut langkah-langkah Data registrasi siswa tidak ditemukan pada saat registrasi LTMPT 2021, simak penjelasan di bawah ini:

1. Bagi siswa yang belum mendaftar ke LTMPT silahkan akses halaman di sini ltmpt.ac.id.

2. Kemudian buka halaman login LTMPT dengan cara klik menu Portal LTMPT.

3. Setelah masuk ke halaman tampilan login, klik tautan Daftar di sini.

4. Pilih Registrasi Akun LTMPT sebagai Siswa, klik tombol Daftar.

5. Untuk meregistrasi akun siswa silahkan isi pada kolom:

  • NISN: Nomor Induk Sekolah Nasional dari SMA/SMK.
  • NPSN: Nomor Pokok Sekolah Nasional SMA/SMK.
  • Tanggal Lahir: Isi tanggal lahir format contoh: (01/01/2003).
Setelah selesai klik tombol Selanjutnya.

6. Jika gagal registrasi akan tampil pesan berikut: 'Data registrasi Tidak Ditemukan. NISN yang anda masukkan tidak tercatat di basis data Kemdikbud dan Kemenag. Mohon hubungi pihak sekolah untuk perbaikan data'. Pastikan NISN dan NPSN telah benar diinput sesuai dengan data Dapodik sekolah.

7. Apabila ingin memastikan data NISN telah terdaftar pada database Kemdibud, silahkan kunjungi halaman referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn. Jika ingin mencari berdasarkan nama silahkan klik tautan referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/index.php/Cindex/formcaribynama.

Pada halaman pencarian NISN isikan: Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung. Kemudian lanjut isikan Kode Captcha yang tampil sesuai gambar. Klik tombol Cari Data.

Jika data NISN telah ditemukan, silahkan lihat pada bagian Status Aktif sebagai Peserta Didik di SMA/SMK, jika Status Aktif: Tidak Aktif di Sekolah berarti siswa/i tersebut sudah dikeluarkan dari sekolah dan kemungkinan sekolah tidak melakukan pengentrian Dapodik pada tahun berjalan. Silahkan lapor ke sekolah anda masing-masing untuk memastikan status keaktifan peserta didik agar NISN dapat didaftarkan ke LTMPT. Untuk melakukan registrasi LTMPT disarankan memilih pada jam senggang/sedikit pengakses.

Demikian solusi data registrasi siswa tidak ditemukan saat registrasi LTMPT 2021, semoga bermanfaat untuk siswa/i SMA/SMK yang ingin mendaftar LTMPT di seluruh Wilayah Indonesia

Silahkan hubungi kami
Jika Anda tidak bisa download file di Operatorsekolahdbn.com klik disini Download atau Jika Anda ingin berparsipasi dengan Donasi kepada kami. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain - Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel