Solusi Dari Permasahalan EDS Covid-19 Versi 2020.a: "Sekolah Tidak Ditemukan di Aplikasi Dapodik. Mohon pastikan ...".

Informasi sebelumnya yang telah diberikan kepada rekan operator sekolah setanah air tentang aplikasi EDS Dikdasmen Kemdikbud, bahwa Aplikasi EDS 2020 yaitu update Aplikasi EDS 2020 Covid-19 Versi 2020.A yang telah dirilis pada tanggal 18 Desember 2020 kemarin. Dengan demikian diharapkan kepada sekolah yang belum mengirimkan isian kuesioner Aplikasi EDS Covid-19 dimohonkan segera melakukan Sinkronisasi agar rapor mutu sekolah tahun 2020 dapat dilakukan penghitungan. 


Disini akan diberikan solusi terhadap permasalahan yang timbul setelah melakukan update Aplikasi EDS Covid-19 Versi 2020.A dan hendak melakukan perhitungan rapor mutu sekolah lalu tampil seperti ini: "Sekolah Tidak Ditemukan di Aplikasi Dapodik. Mohon pastikan kembali bahwa sekolah Anda telah terregistrasi pada aplikasi Dapodik Anda!". 

Berikut permasahalan pada saat melakukan penghitungan rapor mutu  Aplikasi EDS Covid-19 Versi 2020.A dengan tampilan gambar.


Berikut langkah-langkah mengatasi permasahan tersebut di atas pada Aplikasi EDS Covid-19 Versi 2020.A seperti di bawah ini:

Cara Pertama

Aplikasi EDS Covid-19 Versi 2020.A tampil seperti gambar di atas dikarenakan ada sedikit perubahan database di server pusat dan perubahan tersebut disertakan dalam prefill EDS. Untuk itu disarankan kepada rekan operator menggunakan Installer EDS 2020 Covid-19 terbaru yakni Versi2020.A dan lakukan registrasi menggunakan hasil genarate Prefill EDS yang terbaru.

  • Download Aplikasi EDS Covid-19 Versi 2020.A DISINI.
  • Generate Prefill EDS DISINI.

Catatan:

Sebelum melakukan Instal dengan menggunakan installer EDS 2020 Covid-19 Versi 2020.A, sekolah harus memastikan dulu sudah melakukan sinkronisasi EDS 2020 Covid-19 Versi 2020 dan berhasil terkirim ke server pusat serta tercatat di progress EDS.

Aplikasi EDS Covid-19 Versi 2020.A tetap akan bertampilan seperti gambar di atas jika belum dilakukan  Uninstal/hapus aplikasi. Silahkan uninstal Aplikasi EDS Covid-19 Versi 2020 sekolah anda dahulu, lalu instal kembali menggunakan aplikasi versi terbaru. 

Pastikan file prefill EDS sudah dicopykan ke direktori C:\prefill_dapodik sebelum melakukan instalasi aplikasi.

Dengan catatan Versi Aplikasi Dapodik harus sudah 2021.b, jika masih versi 2021.a atau 2021 lakukan update Aplikasi Dapodik dahulu.


Cara Kedua

Jika cara pertama tidak berhasil juga, maka lakukan clear cache/hapus riwayat penjelajahan dengan cara klik Tab Menu pada Browser pilih Riwayat - Hapus Data Penjejahan atau tekan (ctrl + F5) pada keyboard Laptop/PC.

Jika masih tetap tidak bisa juga maka lakukan Uninstal/hapus Aplikasi Dapodik sekolah rekan operator dan Intstal Ulang Aplikasi Dapodik mulai dari versi 2021 - 2021.a - 2021.b.

Downoad Prefill Dapodik, copy file prefill ke direktori C:\prefill_dapodik dan lakukan Registrasi Dapodik sampai selesai. 

Jika sudah berhasil instal ulang Aplikasi Dapodik sampai versi 2021.b, dan aplikasi EDS 2020.A telah diinstal ulang, maka cek kembali Aplikasi EDS sekolah anda dan silahkan lakukan Hitung Rapor Mutu sekolah.


Demikian paparan mengenai permasaahan Sekolah Tidak Ditemukan di Aplikasi Dapodik. Mohon pastikan kembali bahwa sekolah Anda telah terregistrasi pada aplikasi Dapodik Anda!, semoga dapat membantu rekan operator sekolah yang mengalami hal yang sama. Salam Satu Data Pendidikan Indonesia!

Silahkan hubungi kami
Jika Anda tidak bisa download file di Operatorsekolahdbn.com klik disini Download atau Jika Anda ingin berparsipasi dengan Donasi kepada kami. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain - Terimakasih.

0 Response to "Solusi Dari Permasahalan EDS Covid-19 Versi 2020.a: "Sekolah Tidak Ditemukan di Aplikasi Dapodik. Mohon pastikan ...". "

Post a Comment

Silahkan komentar pada kolom yang disediakan, anda juga dapat meminta sesuatu kepada kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel