Memperbaiki Hasil Rapor Mutu PMP 2020 Yang Memiliki Nilai Rapor Mutu Rendah

Disini kita kembali melakukan pembahasan seputar topik Aplikasi EDS 2020 Covid-19 Versi 2020.A yang telah dirilis pada tanggal 18 Desember 2020 kemarin. Adapun yang akan diberikan pemaparan mengenai hal ini adalah bagaimana cara melakukan penghitungan rapor mutu sekolah pada Aplikasi EDS 2020 Covid-19 Versi 2020.A.

Raport Mutu sekolah merupakan gambaran keadaan sekolah terhadap capaian SNP setelah dilakukan proses pengisian instrumen Evaluasi Diri Sekolah (EDS) oleh warga sekolah.   Warga sekolah yang memberikan  data dan informasi pada saat sekolah mengisi instrument EDS pada Aplikasi EDS Covid-19 Versi 2020.A antara lain adalah Kepala sekolah dan 10 Guru.

Ada satu kasus dari Aplikasi EDS 2020 Covid-19 Versi 2020.A pada proses Hitung Rapor Mutu sekolah, dimana Nilai Rapor Mutu Sekolah rendah. Tetapi berdasarkan pengisian instrumen EDS oleh Kepala Sekolah dan Guru memiliki nilai Baik, dan pada diagram rapor mutu terlihat beberapa standar memiliki nilai 0 dari rentang 1-7. 

Disini akan kita bahas mengapa bisa terjadi Hasil Rapor Mutu PMP 2020 Memiliki Nilai Rapor Mutu Rendah dan pada beberapa SNP yang ditampilkan pada Chart/Grafik Rapor Mutu pada Aplikasi EDS 2020 Covid-19 Versi 2020.A, berikut langkah-langkahnya:


Sebelum melangkah kepada penjelasan, coba cek kembali isian instrumen Kepala Sekolah dan Guru pada menu Kuesioner - Isi Kuesioner, bagian A. Kompetensi Lulusan, B. Isi Pendidikan, C. Proses Pembelajaran, D. Penilaian Pendidikan, E. Pendidik dan Tenaga Kependidikan, F. Sarana dan Prasarana, G. Pengelolaan Pendidikan, H. Pembiayaan. Terkadang proses isian menunjukkan progres pengisian 100 %, tetapi ada bagian instrumen yang belum terisi atau tercentang, sehingga nanti akan mempengaruhi grafik dan nilai rapor mutu sekolah. 

Pemilihan Kandidat Responden
1. Buka Menu Manajemen Pengguna - klik Garis 3 seperti gambar di bawah ini.


2. Kemudian pilih Kandidat Responden.


3. Jika responden sudah dipilih akan ada keterangan 'Kandidat Responden pengisi instrumen' di bawah daftar nama Kepala Sekolah dan Guru.


Restore Data dan Hitung Total Kemajuan
4. Tahap berikutnya klik Buka Beranda - pilih Restore Data dan Hitung Total Kemajuan


5. Selanjutnya rekan pilih nama Responden yang mengisi instrumen, klik pilihan Semua - Cheklist nama-nama Kepala Sekolah (1 orang) dan Guru (10 orang). Kemudian klik Lanjutkan


6. Tunggu hingga Restore Data dan Hitung Total Kemajuan telah mencapai proses 100%.



7. Setelah selesai, buka kembali menu Hasil Rapor Mutu, maka lihat grafik dan nilai rapor mutu apakah sudah berubah menjadi tinggi.



Demikian penjelasan tentang memperbaiki Hasil Rapor Mutu PMP 2020 yang memiliki Nilai Rapor Mutu rendah, semoga bermanfaat bagi rekan operator sekolah.
Silahkan hubungi kami
Jika Anda tidak bisa download file di Operatorsekolahdbn.com klik disini Download atau Jika Anda ingin berparsipasi dengan Donasi kepada kami. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain - Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel