Cara Menampilkan Menu Sinkroniasi Yang Tidak Muncul di Akun Kepala Sekolah Pada Dapodik 2021.b

Dalam kesempatan ini akan dibahas permasalahan-permasalahan yang terjadi setelah operator sekolah melakukan update aplikasi Dapodik versi 2021.b. Seperti kita ketahui bahwa telah dirilisnya updater/pembaruan Aplikasi Dapodik Versi 2021.b oleh Kemdikbud pada tanggal 20 November 2020. Pada pembaruan aplikasi Dapodik terbaru ini membawa perubahan tampilan dan fitur yang berbeda dari versi sebelumnya.


Adapun permasalahan yang timbul dari pembaruan/update aplikasi Dapodik versi 2021.b di antaranya ialah Menu Sinkroniasi Yang Tidak Muncul di Akun Kepala Sekolah Pada Dapodik 2021.b, maka otomatis operator sekolah tidak dapat melakukan sinkronisasi Aplikasi Dapodik ke server pusat. Sebelumnya kita harus mengetahui dahulu apa penyebabnya, berikut faktor-faktor penyebab tidak muncul menu sinkronisasi pada akun kepala sekolah:

  1. Adanya perubahan proses bisnis ketika akan melakukan sinkronisasi (harus memiliki hak akses sebagai kepala sekolah).
  2. Operator sekolah belum membuat akun Kepala Sekolah Pada Halaman Manajemen Dapodik di https://sp.datadik.kemdikbud.go.id.
  3. Kolom TST pada menu Tugas Tambahan pada Data Kepala Sekolah terisi.

Adapun langkah-langkah Menampilkan Menu Sinkroniasi Yang Tidak Muncul di Akun Kepala Sekolah Pada Dapodik 2021.b sebagai berikut:

LANGKAH 1

1. Klik menu Pengaturan - pilih Tombol Manajemen Pengguna.


2. Kemudian akan tampil Proses Bisnis Alur Penginputan GTK Merangkap Operator Sekolah, silahkan Tutup.


3. Silahkan cari Akun Kepala Sekolah, dapat dipilih pilihan peran GTK.


4. Pada Hak Akses Akun Kepala Sekolah, klik tombol Tambah kemudian peran pilih Kepala Sekolah.


LANGKAH 2

Jika terjadi permasalahan daftar akun Kepala Sekolah tidak tampil pada peran GTK, maka solusi yang dapat dilakukan adalah melakukan peran GTK merangkap OPS pada akun operator sekolah, dengan memilih akun kepala sekolah sebagai operator agar menu sinkronisasi muncul pada akun kepala sekolah. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:
5. Seperti langkah 1 buka Menu Manajemen Pengguna - Masukkan Kode Registrasi Dapodik - Pilih Peran sebagai Operator Sekolah.


6. Kemudian akan tampil akun Operator Sekolah. Selanjutnya klik tombol Petakan GTK merangkap OPS.


7. Pilih nama Kepala Sekolah sehingga akan diberikan peran menjadi Operator Sekolah. Hal ini dilakukan guna menampilkan peran sebagai kepala sekolah bagi aplikasi Dapodik yang tidak muncul akun kaseknya di Manajemen Pengguna.


8. Selanjutnya silahkan buat Hak Akses Akun Kepala Sekolah, klik tombol Tambah kemudian peran pilih Kepala Sekolah.



Langkah tersebut di atas telah dilakukan perdasarkan pengalaman di lapangan, dan dicoba berhasil. Demikian penjelasan mengenai Cara Menampilkan Menu Sinkroniasi Yang Tidak Muncul di Akun Kepala Sekolah Pada Dapodik 2021.b, semoga bermanfaat untuk rekan operator di seluruh nusantara.
Silahkan hubungi kami
Jika Anda tidak bisa download file di Operatorsekolahdbn.com klik disini Download atau Jika Anda ingin berparsipasi dengan Donasi kepada kami. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain - Terimakasih.

0 Response to "Cara Menampilkan Menu Sinkroniasi Yang Tidak Muncul di Akun Kepala Sekolah Pada Dapodik 2021.b"

Post a Comment

Silahkan komentar pada kolom yang disediakan, anda juga dapat meminta sesuatu kepada kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel