Cara Melakukan Verval/Perbaikan NIK GTK Yang Salah Input Pada Dapodik

Kembali kita membahasa seputar persmasalahan yang terjadi pada data aplikasi Dapodik. Kesalahan ataupun ketidaksuaian data sering terjadi disebabkan tidak melakukan verifikasi dan pengecekan kembali isian suatu data Dapodik yang telah diinput. Lalu bagaimana cara melakukan perbaikan data seperti NIK pada Data Guru dan Tenaga Kependidikan yang salah input pada aplikasi Dapodik. Seperti kita lihat beberapa data GTK ada yang tidak boleh dilakukan perbaikan langsung pada aplikasi Dapodik dikarenakan sistem pendataan pusat telah melakukan penguncian data.

Untuk mengatasi hal tersebut, dalam hal ini perbaikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) bisa dilakukan perbaikan. Melakukan perubahan data NIK atau Verval NIK Guru atau Tenaga Kependidikan dilakukan pada halaman Verval PTK Kemdikbud. Proses verval NIK ini dilakukan oleh operator sekolahnya masing-masing, tidak bisa dilakukan langsung oleh Guru maupun Tendik yang bersangkutan.

Disini diberikan pemaparan bagaimana melakukan Verval/Perbaikan NIK GTK Yang Salah Input Pada Dapodik sebagai berikut:

1. Silahkan buka halaman VervalPTK disini http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id.

Kemudian login menggunakan akun admin/operator yang terdaftar pada SDM-PDSPK Kemdikbud. Isikan Username, Password, kemudian klik Login.

3. Kemudian klik Menu Perbaikan Identitas, kemudian pilih daftar Guru atau Tenaga Kependidikan yang akan diedit NIKnya. Kemudian pada baris GTK tersebut, klik tombol Perbaikan.

4. Selanjutnya lakukan perubahan NIK pada kolom NIK, lalu lampirkan file scan KTP atau Kartu Keluarga asli dengan format jpg atau png ukuran maksimal 1 Mb dengan cara klik tombol Pilih Berkas. Jika telah diupload lalu klik tombol Ajukan.

5. Untuk mengecek status perbaikan apakah sudah dikonformasi atau belum silahkan klik menu Status Perbaikan. Akan tampil keterangan ANTRIAN yang artinya masih perlu menunggu waktu untuk dikonfirmasi oleh Dinas Pendidikan setempat dan jika berubah status menjadi DISETUJUI maka telah berubah data NIK yang telah diperbaiki tadi.

Demikian cara melakukan verval/perbaikan NIK GTK yang salah input pada Dapodik, mudah-mudahan dapat membantu rekan-rekan operator sekolah di seluruh Indonesia.

Silahkan hubungi kami
Jika Anda tidak bisa download file di Operatorsekolahdbn.com klik disini Download atau Jika Anda ingin berparsipasi dengan Donasi kepada kami. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain - Terimakasih.

0 Response to "Cara Melakukan Verval/Perbaikan NIK GTK Yang Salah Input Pada Dapodik"

Post a Comment

Silahkan komentar pada kolom yang disediakan, anda juga dapat meminta sesuatu kepada kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel