Cara Menambah Guru/Tenaga Kependidikan Baru Pada Aplikasi Dapodik Terbaru

Masih bersama kembali kita dalam membahas seputar aplikasi Dapodikdasmen, informasi yang akan diberikan ini membahas topik permasalahan cara menambah atau tarik PTK atau guru maupun tenaga kependidikan baru yang akan bertugas di sekolah rekan operator sekolah. Pada aplikasi Dapodikdasmen Versi 2021.a terbaru ini serta pada halaman situs manajemen dapodik memiliki fitur serta tampilan baru. 


Disini akan dijelaskan tutorial menambah PTK baru pada aplikasi dapodik yang dilakukan melalui tarik data PTK yang berasal dari sekolah lain. Adapun cara menambah PTK yang akan mutasi ke sekolah rekan operator silahkan ikuti panduannya pada langkah-langkah di bawah ini.

Cara Menambah PTK Baru
1. Silahkan rekan operator membuka halaman manajemen sekolah pada tautan berikut ini https://sp.datadik.kemdikbud.go.id atau https://sso.datadik.kemdikbud.go.id/app/EB619FB1-7DBB-45E7-821E-A456B15A19E4.

2. Kemudian buka menu Aplikasi - Sub menu PTK. Pada tab Penugasan PTK silahkan pilih salah satu jenis pencarian menggunakan NIK/NUPTK/NIP, misalnya menggunakan NIK. Kemudian pada kolom pencarian ketik NIK guru atau tendik yang akan ditambahkan. Lalu klik tombol Cari.


3. Selanjutnya daftar PTK yang dicari tersebut akan tampil dalam daftar, klik Tombol tambah (+)


4. Lalu akan tampil tab Registrasi PTK mengkonfirmasi untuk ditambahkan, klik tombol DAFTARKAN.


5. Jika berhasil akan tampil keterangan 'PTK berhasil ditambahkan, selanjutnya menunggu persetujuan Dinas Pendidikan'. Klik OK.


6. Silahkan rekan operator untuk menghubungi Dinas Pendidikan/Cabang Dinas Pendidikan Kab/Kota/Provinsi di wilayah tugas rekan operator. 

7. Jika telah diverifikasi dan dikonfirmasi oleh Dinas Pendidikan lakukan sinkronisasi aplikasi Dapodik, agar data PTK tersebut masuk ke aplikasi Dapodik Lokal/PC rekan operator.

Demikian paparan cara menambah atau tarik guru/tenaga kependidikan baru pada aplikasi Dapodik terbaru tahun pelajaran 2020/2021, semoga bermanfaat. 
Silahkan hubungi kami
Jika Anda tidak bisa download file di Operatorsekolahdbn.com klik disini Download atau Jika Anda ingin berparsipasi dengan Donasi kepada kami. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain - Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel