Cara Mencetak Surat Pernyataan Tanggungjawab Mutlak (SPTJM) Pada Dapodik Tahun 2021

Pada kesempatan ini yang penuh kebahagiaan dan kesejahteraan kami mencoba memberikan informasi tentang bagaimana membuat SPTJM berdasarkan pengiriman data dari Aplikasi Dapodik. SPTJM digunakan sebagai syarat untuk memperoleh Tunjangan Profesi Guru (TPG) dalam melengkapi berkas untuk diserahkan kepada Dinas Pendidikan Kab/Kota/Provinsi. 


Namun pada aplikasi Dapodik Versi 2021 ini dan pada tampilan halaman manajemen Dapodik yang baru tombol menu SPTJM tidak tersedia. Sehingga operator sekolah tidak dapat melakukan download, tentunya kita berharap semoga tombol download SPTM pada halaman manajemen Dapodik terbaru ini disediakan oleh Kemdikbud. Sebelumnya pada halaman manajemen sekolah tahun 2020 pada link https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id dapat mendownload dan mencetak SPTJM Dapodik. Halaman terbaru manajemen Dapodik dapat diakses pada link berikut ini https://sp.datadik.kemdikbud.go.id

Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) Dapodik merupakan Surat Pernyatan Pertanggungjawaban Kepala Sekolah SD/SMP/SMA/SMK tentang data pokok pendidikan yang diinputkan pada aplikasi Dapodikdasmen. Hasil data yang dimuat dalam SPTJM merupakan data berdasarkan sinkronisasi terakhir suatu sekolah. Pada SPTJM dapodik terdapat 5 lampiran: lampiran 1 (Data Satuan Pendidikan, Lampiran 2 (Sarana dan Prasarana), Lampiran 3 (Daftar Guru dan Tenaga Kependidikan), Lampiran 4 (Rombongan Belajar), dan lampiran 5 (Daftar Peserta Didik).

Format SPTJM
1. Berikut Contoh SPTJM, silahkan didownload DISINI.

Silahkan lihat di bawah ini:

2. Lengkapi lampiran SPTJM Dapodik dengan lengkap, yang memuat lima lampiran isi teridiri dari:
  • Lampiran 1: Data Satuan Pendidikan;
  • Lampiran 2: Sarana dan Prasarana;
  • Lampiran 3: Guru dan Tenaga Kependidikan (Daftar Nama GTK);
  • Lampiran 4: Rombongan Belajar;
  • Lampiran 5: Peserta Didik (Daftar Nama Semua Peserta Didik di Sekolah Anda).
Untuk mencetak lampiran di atas, dapat dilakukan dengan mendownload Profil Sekolah pada Aplikasi Dapodik.

Demikian cara mencetak Surat Pernyataan Tanggungjawab Mutlak (SPTJM) pada Dapodik versi 2021.a tahun pelajaran 2020/2021, semoga bermanfaat.
Silahkan hubungi kami
Jika Anda tidak bisa download file di Operatorsekolahdbn.com klik disini Download atau Jika Anda ingin berparsipasi dengan Donasi kepada kami. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain - Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel