Cara Mengetahui Kode Registrasi, Useraname, dan Password Pada Aplikasi Dapodik

Salam operator untuk kepada rekan-rekan operator sekolah seluruh Indonesia, semoga selalu diberikan kesehatan dan kekuatan dalam menjalani kehidupan dan tugas yang telah diberikan. Seperti kita ketahui bersama seiring waktu berjalan aplikasi Dapodik selalu mengalami perubahan, baik dari tampilan antarmuka pengguna serta fitur-fitur baru sesuai tuntutan pendataan terkait pendidikan.


Kendala pasti dihadapi oleh para operator sekolah, apalagi ada beberapa sekolah operator dapodiknya selalu silih berganti, sehingga terkadang masih perlu bimbingan yang mendalam pengenai pendataan aplikasi Dapodik. Sehingga operator baru tersebut harus dibekali bimbingan teknis dan perlu waktu untuk memulai terampil dalam menggunakan aplikasi Dapodik tersebut. Karena pada umumnya bukan hanya sekedar mahir IT saja bisa dinyatakan mampu mengoperasikan aplikasi Dapodik, tetapi harus betul-betul telah dibekali bimbingan teknis karena dalam penginputan data pada aplikasi Dapodik tidak jarang operator selalu menemukan probelmatika yang dihadapi.

Tidak jarang juga kebanyakan kepala sekolah selalu memberikan seluruh beban tugas administrasi di sekolah kepada operator dapodik dan kebanyakan ketika ada tugas administrasi berkaitan dengan penginputan secara online selalu tumpuannya kepada operator dapodik bisa diistilahkan operator dapodik ujung tombak sekolah. Bayangkan jika operator tersebut sakit akibat sering diberikan kerja yang sangat berat dan rumit sehingga memaksa lembur sampai tengah malam dan operator dapodik tesebut tidak mampu menyelesaikan tugas, sudah bisa dipastikan sekolah akan kesulitan menggantikan peran operator sekolah. Juga dari sisi kesejahteraan para operator sekolah kurang diperhatikan. Jadi tidak jarang operator sekolah kerja di sekolah sampil bekerja juga di luar sekolah demi mencukupi kebutuhan hidupnya.

Nah, kali ini akan diberikan sebuah tutorial bagaimana cara mengetahui Kode Registrasi, Username, maupun Password pada Aplikasi Dapodik sekolah rekan-rekan sekalian. Pada kasus lupa Kode Registrasi, Useraname, dan Password sering juga terjadi, mungkin karena tidak pernah disimpan di catatan pribadi, maupun disimpan di file komputer/laptop. Agar tidak diperjelas secara panjang lebar mari ikuti langkah-langkah yang telah dipraktikkan di bawah ini.

1. Silahkan rekan operator sekolah buka direktori pada komputer yang telah diinstal aplikasi Dapodik C:\Program Files (x86)\Dapodik\webserver\logs (untuk Windows 64 Bit) dan C:\Dapodik\webserver\logs (untuk Windows 32 Bit).



2. Kemudian cari file 'access' dan klik kanan pada file tersebut, pilih Open With lalu pilih Notepad.


3. Kemudian kita lihat di dalam file tersebut terdapat kode-kode, maka kita cara menggunakan CTRL +F 'GET /prefill/push_prefill.php?callback=callbacksync&act=registrasi&kode_registrasi....'. Maka akan terlihat dengan jelas Kode Registrasi, Useraname, dan Password yang telah dibuat sebelumnya.


4. Untuk mengantisipasi lupa Kode Registrasi, Useraname, dan Password, alangkah baiknya rekan operator menyimpannya kedalam file microsoft word, notepad, ataupun pada aplikasi catatan di Smarphone rekan-rekan, sehingga apabila di lain waktu kita lupa maka tinggal buka saja pada file yang telah disimpan tadi.

Demikian tutorial cara mengetahui kode registrasi, useraname, dan password pada aplikasi dapodik, semoga bermanfaat bagi rekan operator sekolah seluruh nusantara.
Silahkan hubungi kami
Jika Anda tidak bisa download file di Operatorsekolahdbn.com klik disini Download atau Jika Anda ingin berparsipasi dengan Donasi kepada kami. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.operatorsekolahdbn.com - Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel