Format Daftar Nilai Sekolah Kelas VI Jenjang SD/MI TP. 2019-2020 Kurikulum 2013

Dalam pemaparan ini telah diberikan sebuah format nilai dalam penentuan kelulusan untuk peserta didik tingkat akhir khusunya kelas VI pada jenjang SD/MI. 


Mendikbud menyebutkan, dalam masa darurat penyebaran Covid-19 syarat penentu kelulusan siswa bisa dengan mengadakan ujian sekolah (US), dengan syarat US tidak mengumpulkan siswa secara fisik atau US bisa dilakukan secara daring. Jika sekolah tidak siap mengadakan US daring, US dilakukan dalam bentuk portofolio nilai rapor dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan, dan/atau bentuk asesmen jarak jauh lainnya.

US tidak hanya mengacu pada ujian tertulis, tetapi juga mencakup nilai rapor dan prestasi yang dimiliki siswa selama menempuh pendidikan. Untuk ujian tertulis (daring), materi yang akan tertuang dalam US merupakan kewenangan guru yang bersangkutan. Sekolah kini berperan sebagai penentu kelulusan siswa dengan berdasarkan evaluasi yang dilakukan guru. Sehingga penguasaan materi sangat bergantung dari cara siswa dan guru dalam memaksimalkan pembelajaran daring selama situasi darurat. Totok juga menyampaikan siswa akan tetap menerima ijazah tanpa mencantumkan nilai UN, karena sejak tahun 2015 UN lagi menjadi penentu kelulusan.

Sekolah yang telah melaksanakan US dapat menggunakan nilai US untuk menentukan kelulusan siswa. Namun bagi sekolah yang belum melaksanakan US ada beberapa ketentuan. Kelulusan SD/sederajat ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir (kelas 4, 5, dan 6 semester gasal), sementara nilai semester genap kelas 6 dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan. Kelulusan SMP/sederajat atau SMA/sederajat juga ditentukan berdasarkan berdasarkan nilai lima semester terakhir dan nilai semester genap kelas 9 dan kelas 12 dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan. Sementara itu untuk kelulusan SMK/sederajat ditentukan berdasarkan nilai rapor, praktik kerja lapangan, portofolio, dan nilai praktik selama lima semester terakhir. Kemudian nilai semester genap tahun terakhir dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan.

Dalam kesempatan ini telah diberikan sebuah contoh format daftar nilai sekolah kelas VI  TP. 2019-2020 Kurikulum 2013, semoga menjadi panduan dalam pembuatan nilai kelulusan peserta didik pada tingkat akhir jenjang SD/MI. Adapun penentu kelulusan adalah nilai pengetahuan pada nilai rapor dari semester 1 sampai dengan semester 6 dan dirata-ratakan. Nilai rata-rata rapor peserta didik kelas IV tersebut itulah akan menjadi daftar nilai SKHU/Ijazah sebagai penentu kelulusan. Bagi sekolah yang ingin mendownload format nilai rapor kelas VI silahkan klik pada tautan yang telah disediakan di bawah ini.

Silahkan lihat di bawah ini:

Download:
  • Format Daftar Nilai Sekolah Kelas VI TP. 2019-2020 Kurikulum 2013 | Download
Silahkan hubungi kami
Jika Anda tidak bisa download file di Operatorsekolahdbn.com klik disini Download atau Jika Anda ingin berparsipasi dengan Donasi kepada kami. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.operatorsekolahdbn.com - Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel