Contoh Surat Permohonan Unlock Aplikasi CBT UNBK

Surat unlock adalah surat berisi permohonan yang digunakan untuk meminta dibukakan akses khusus Aplikasi UNBK yang disebabkan server atau VHD mengalami kerusakan setelah sukses melakukan sinkronisasi. 


Setiap sekolah hanya diberi satu kali sinkron per ID server. Sehingga apabila sekolah mengalami error VHD alias rusak atau komputer server rusak tiba-tiba padahal sudah melakukan sinkronisasi. Nah disinilah berlaku unlock agar bisa melakukan proses sinkronisasi ulang. 

Selain server rusak dan VHD rusak terdapat sebab lainnya yang mengharuskan meminta unlock ke tim UNBK Pusat dan Provinsi yaitu: 
  1. Kendala Teknis 
  2. Infrastruktur 
  3. Pendataan 
  4. Unlock Serial Number (SN) 
  5. Unlock Sinkronisasi (Sync) 
  6. Activasi Server Cadangan 
  7. Permintaan Token Transfer Response (TR) 
  8. Permintaan Token Force Selesai 
  9. Permasalahan Khusus. 

Jika sekolah anda mengalami suatu masalah yang tidak bisa diatasi oleh Proktor dan Teknisi sendiri serta Tim HD Kabupaten. Karena mengalami salah satu hal di atas maka disarankan melakukan unlock agar masalah bisa dituntaskan. Disini akan diberikan contoh SMK Negeri 1 Durian pada sesi pertama server masih bagus dan pada pertengahan sesi pertama tiba-tiba komputer server mati tidak bisa hidup lagi. Perlu diingatkan kepada sekolah bahwa permintaan unlock dari sekolah dibatasi.

Untuk mencegah permintaan unlock Aplikasi CBT UNBK sebaiknya rekan-rekan memperhatikan penyebab terjadinya di antaranya:
  1. Sekolah memasukkan beberapa ID Server di dalam 1 server sehingga menyebabkan terdapat 2 atau lebih serial number yang sama.
  2. Setelah berhasil sinkronisasi, sekolah mengganti server/melakukan instalasi OS/mengganti motherboard/menjalankan exambrowser admin yang berbeda versi dari sebelumnya.
  3. Lakukan proses sinkronisasi sesuai jadwal yang telah ditentukan, dapat dilihat pada halaman unbk.kemdikbud.go.id
  4. Sekolah tidak melakukan backup VHD setelah selasai sinkron sampai data 9 dan ketika sinkron sampai data 9 selesai data dihapus.

Silahkan lihat di bawah ini:

 Download:
  • Surat Permohonan Unlock UNBK | Download
Silahkan hubungi kami
Jika Anda tidak bisa download file di Operatorsekolahdbn.com klik disini Download atau Jika Anda ingin berparsipasi dengan Donasi kepada kami. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain - Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel