Cara Mencetak dan Upload Surat Pernyataan Kesiapan Sekolah Mengikuti UNBK

Pelaksanaan Ujian Nasional menggunakan tes terkomputerisasi (CBT) Pada UN Kemdikbud. Pengertian Tes Terkomputerisasi atau Computerized Based Test (CBT) itu sendiri adalah tes berbasis komputer yang penyajian dan pemilihan soalnya dilakukan secara terkomputerisasi sehingga setiap peserta tes mendapatkan paket soal yang berbeda-beda.


Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya.

Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.  

Dalam hal ini akan dipaparkan mengenai cara mencetak surat kesiapan UNBK di halaman unbk.kemdikbud.go.id. Adapun prosedurnya akan dijelaskan kepada rekan-rekan proktor sebagai berikut di bawah ini.

1. Silahkan login terlebih dahulu menggunakan akun sekolah sebagai pelaksana UNBK pada halaman UNBK Kemdikbud pada alamat berikut unbk.kemdikbud.go.id.


2. Kemudian akan tampil halaman Dashboard. Disana terdapat beberapa menu, pilih menu Data Sekolah.


3. Sebelum rekan proktor mencetak Surat Pernyataan Kesiapan Sekolah Mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer, tahap awal harus mengisi data Identitas. Pada sebagian data telah berisi secara otomatis, rekan operator hanya mengisikan Email, Jumlah Peserta yang Ikut (sesuai jumlah peserta UN), Jumlah Sesi (pilih antara 1 sampai 3 sesi), Bersedia mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dichecklist klik Simpan.


4. Isi juga pada kolom Tim Teknis, isikan data Nama Penanggung Jawab, NIP Penanggung Jawab, Telepon Penanggung Jawab, Nama Proktor, Email Proktor, HP Proktor, Nama Teknisi, Email Teknisi, HP Teknisi. Jika telah selesai klik Simpan.


5. Selanjutnya pada kolom Insfrastruktur terdapat beberapa data yang harus diisi, berupa Jumlah Server Utama, Jumlah Cadangan, Jumlah Client, Nama ISP, Nomor Pelanggan, Jenis Koneksi, Bandwidth, Satuan Bandwidth, Kontak Person ISP, Telepon, jika telah terisi klik Simpan.


6. Kemudian silahkan klik menu Surat Kesiapan, pilih Cetak.


7. Selanjutnya format Surat Kesiapan telah ditampilkan, klik tombol Cetak. Ada baiknya pilihan cetak pilih Simpan ke PDF agar rekan proktor punya arsip di perangkat komputernya.


8. Kembali seperti langkah 6, klik menu Surat Kesiapan kemudian pilih Upload. Cari file dengan klik tompol Browse Surat Kesiapan yang telah didownload dan dicetak dengan dibububuhi tanda tangan bermeterai dan distempel sekolah serta discan printer scan atau menggunakan aplikasi scanner dari perangkat smartphone rekan proktor. File yang Didukung hanyalah JPG dan PNG. klik Upload.


9.  Kembali seperti langkah 6 tadi, klik menu Surat Kesiapan kemudian pilih Lihat Gambar.


Hasil Upload.

Silahkan hubungi kami
Jika Anda tidak bisa download file di Operatorsekolahdbn.com klik disini Download atau Jika Anda ingin berparsipasi dengan Donasi kepada kami. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain - Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel