Cara Melakukan Perbaikan Data NISN dan Identitas Siswa di Verval PD Terbaru

Sebelumnya kita akan membahas apa itu VervalPD, VervalPD merupakan suatu halaman website yang di dalam suatu Dapodik berfungsi untuk menemukan data siswa sudah masuk di entri dari Dapodik. VervalPD juga dapat mengubah data peserta didik apabila data tersebut ada kesalahan di dalam penginputan Dapodik. Karena operator sekolah tidak dapat mengedit beberapa data pada Aplikasi Dapodik, harus melalui VervalPD. Misalnya untuk melihat NISN, mengubah nama peserta didik, tempat lahir, tanggal lahir, dan nama ibu kandung. Hal itu digunakan sebagai ajuan peserta ujian sekolah/ujian nasional pada tingkat atau kelas VI dan kelas XII.


Pada bulan November tahun 2019 PDSPK telah mempublikasikan halaman website Verval Peserta Didik yang mengalami perubahan tampilan. Adapun Verval PD terbaru ini telah resmi menjadi wadah pendataan untuk perbaikan data peserta didik tahun 2019-2020.

Tampilan menu pada Verval PD terbaru ini hampir sama dengan sebelumnya, namun tampilan dan proses perubahan/perbaikan data peserta didik berbeda dari sebelumnya.

Cara Mengakses Verval PD Terbaru 2019

Rekan operator dapat login ke halaman Verval PD terbaru silahkan klik alamat berikut ini http://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id atau https://sso.data.kemdikbud.go.id/sys/login?appkey=348310F2-0262-4F5D-B7D1-41F92ECDCA93.

Kemudian  isikan pada kolom Username: Email dan Password: Password Dapodik sekolah.



Pada halaman Verval PD New menampilkan diagram Residu yaitu data valid dan data yang memerlukan perbaikan/verval data. Selain itu menampilkan jumlah pengajuan perubahan data dan jumlah peserta didik berdasarkan jenis kelamin dan tingkat.



1. Menu Peserta Didik
Pada menu peserta didik menampilkan jumlah seluruh peserta didik yang aktif di sekolah rekan operator sekolah.
Jika ada perbedaan data jumlah siswa antara Verval PD dan jumlah peserta didik yang aktif segera lakukan perbaikan data pada aplikasi Dapodik.

2. Menu Residu
Menu ini menampilkan data peserta didik yang perlu dilakukan perbaikan mulai dari identitas maupun NISN peserta didik.

Berikut tampilan data peserta didik yang memerlukan validasi ditandai dengan silang merah seperti gambar di bawah ini.


3. Menu NISN
Menu ini digunakan dalam melakukan verval NISN. Jika NISN yang ada di ijazah berbeda dengan di Verval PD maka lakukan perbaikan pada menu ini. 

Caranya cari daftar peserta didik yang ingin diperbaiki NISNnya pada Daftar Siswa dan ketik NISN pada ijazah lalu klik Cek Data Master.

Selanjutnya silahkan upload Dokumen Pendukung seperti Ijazah, Kartu NISN (dalam format JPG, JPEG, atau PNG). Caranya klik tombol Browse - klik UPDATE DATA.

NISN Yang Telah Dipakai Siswa Aktif

Jika NISN telah dimiliki peserta didik lain, maka kita tidak dapat melakukan pengajuan perubahan Edit NISN.

Tabel Pengajuan Edit NISN

Disini akan ditampilkan daftar Pengajuan Edit NISN peserta didik, perubahan NISN akan terjadi setelah dikonfirmasi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

4. Menu Edit Identitas Siswa
Menu ini digunakan dalam melakukan verval NIK, Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung, Jenis Kelamin Peserta Didik. Jika data tersebut yang ada di ijazah berbeda dengan di Verval PD maka lakukan perbaikan pada menu ini. 

Selanjutnya klik tombol VALIDASI DATA.

Selanjutnya silahkan upload Dokumen Pendukung seperti Ijazah, Akte Kelahiran, atau Kartu Keluarga (dalam format JPG, JPEG, atau PNG). Caranya klik tombol Browse - klik UPDATE DATA

Catatan:
Mengingat pendataan peserta didik untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer/Kertas Pensil, maka verifikasi dan validasi sangat penting dilakukan. Karena jika ada kesalahan data dan tidak diperbaiki maka akan berdampak terhadap kelulusan peserta didik tersebut, tentunya operator harus melalukan cek data dan melakukan perbaikan data secepatnya.

Demikian cara melakukan perbaikan data NISN dan Identitas Siswa di Verval New Terbaru tahun 2019, semoga bermanfaat.
Silahkan hubungi kami
Jika Anda tidak bisa download file di Operatorsekolahdbn.com klik disini Download atau Jika Anda ingin berparsipasi dengan Donasi kepada kami. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.operatorsekolahdbn.com - Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel