Cara Mengatasi Aplikasi EDS Dikdasmen Tampilan Hitam (Blank)

Aplikasi PMP merupakan sebuah program yang dibuat oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk pengambilan data mutu Pendidikan Dasar dan Menengah di Indonesia. Adapun Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) dari aplikasi yang telah dirilis Kemdikbud ini salah satu yang terintegrasi dengan Dapodik. 


Masih terdapat banyak permasalahan pada aplikasi EDS Dikdasmen yang terjadi dialami operator sekolah pada waktu melakukan penginputan. Salah satu permasalahan yang terjadi yaitu tampilan aplikasi EDS Dikdasmen kosong (blank) dengan warna hitam ketika login. 

Disini akan diberikan penjelasan tentang cara mengatasi EDS Dikdasmen Tampilan Hitam (Blank) yang tidak muncul tampilan kuesionernya. Simak di bawah ini langkah-langkanya:

Memperbaiki Aplikasi EDS Dikdasmen 2019.11.21 Blank
1. Kasus ini terjadi ketika membuka Aplikasi EDS Dikdasmen pada alamat http://localhost:1745/login. Berikut tampilan aplikasi EDS Dikdasmen tampilan pada layar Blank


2.  Untuk mengatasinya kita perlu membackup database aplikasi dan menginstal ulang aplikasi EDS Dikdasmen. Disini akan diterangkan cara melakukan Backup Database. Silahkan klik tombol Search pada PC rekan operator. Cari menu Services. Cara ini dilakukan untuk mengantisipasi hilang atau terhapusnya data penginputan kuesioner yang telah diisi.


Cara lain mencari menu Services

Buka Control Panel dari Computer > klik kanan pilih Properties.


Cari System and Security.


Pilih Adminitrative Tools.


Pilih Services.


3. Selanjutnya cari PMPDB seperti gambar di bawah kemudian klik Stop.


4. Selanjutnya Backup file Database dengan cara membuka direktori berikut C:\Program Files (x86)\EDSDikdasmen.


5. Kemudian Buat folder baru di Local Disk D atau sesuai keinginan, nama folder Backup kemudian copy dan pastekan file database ke folder tersebut.


6. Kemudian ulangi langkah seperti langkah 3, kemudian cari PMPDB klik Start.


7. Kemudian Uninstal Aplikasi EDS Dikdasmen versi 2019.11.21 dari Control Panel > klik Programs and Features, klik Uninstal.


8. Setelah aplikasi di Uninstal kemudian Instal Kembali. Lihat Tutorial Instal Aplikasi PMP Offline Versi 2019.11.

9. Kemudian lakukan kembali seperti cara 3 sampai 4, setelah itu Copy dan Paste database yang telah dibackup tadi ke C:\Program Files (x86)\EDSDikdasmen. Ini dilakukan agar kuesioner yang telah diisi dapat kembali dan tidak terhapus.



Demikian cara Cara Mengatasi Aplikasi EDS Dikdasmen Tampilan Hitam (Blank). semoga bermanfaat. Salam Operator!!!
Silahkan hubungi kami
Jika Anda tidak bisa download file di Operatorsekolahdbn.com klik disini Download atau Jika Anda ingin berparsipasi dengan Donasi kepada kami. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.operatorsekolahdbn.com - Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel