BKN Telah Umumkan Formasi CPNS Tahun 2019, Berikut Informasinya

Mungkin banyak dari rekan-rekan yang ingin menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil atau Aparatur Sipil Negara. Disini akan disampaikan informasi resmi yang telah beredar mengenai perektutan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). Adapun pengertian dari Aparatur Sipil Negara atau ASN adalah profesi bagi pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang bekerja pada instansi pemerintah.

Berdasarkan pernyataan Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui Siaran Pers bernomor surat 086/RILIS/BKN/X/2019 tertanggal 17 Oktober 2019 dinyatakan Rekrutmen CPNS 2019 Segera Dibuka, Infrastruktur SSCASN dan CAT BKN Siap.

Sebanyak 197.117 formasi dibuka dalam rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2019 untuk tingkat pusat dan daerah. Adapun rinciannya, untuk instansi pusat sebanyak 37.854 formasi meliputi 74 kementerian/kembaga. Sedangkan, untuk instansi daerah terdapat 159.257 formasi meliputi 467 pemerintahan daerah. Dalam siaran persnya, Badan Kepegawaian Negara ( BKN) menyebut ada dua formasi yang dibuka, yakni formasi umum dan formasi khusus.

Formasi khusus tersebut ditujukan bagi lulusan cumlaude, diaspora, disabilitas, putra-putri Papua, dan formasi lainnya yang bersifat strategis di pusat. Dikutip dari video resmi yang dirilis BKN melalui akun Youtube BKN, ada empat formasi dengan alokasi kursi terbesar pada CPNS 2019. Pertama, guru sebanyak lebih dari 63.000 formasi. Kedua, tenaga kesehatan seperti bidan, dokter, dokter gigi, perawat, dan sebagainya tersedia sekitar 31.000 formasi. Ketiga, tenaga teknis fungsional sekitar 23.000 formasi. Keempat, formasi untuk tenaga teknis lainnya sebanyak 28.000. "Untuk pengumuman pendaftaran dijadwalkan akan berlangsung pada akhir Oktober hingga awal November 2019," bunyi siaran pers tersebut, sebagaimana dikutip pada Jumat (18/10/2019).

Penguman itu akan diawali dengan penetapan formasi CPNS 2019 kepada kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah. Pengumuman pendaftaran akan dilanjutkan dengan pembukaan registrasi online pada November 2019. Sementara pengumuman hasil seleksi administrasi diagendakan pada Desember 2019. Setelah itu, dilanjutkan dengan pengumuman jadwal dan peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada Januari 2020 dan diikuti dengan pelaksanaan SKD pada Februari 2020. Hasil SKD dijadwalkan pada Maret 2020 diikuti dengan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Sementara integrasi kedua hasil seleksi dijadwalkan akan berlangsung pada April 2020.
Silahkan hubungi kami
Jika Anda tidak bisa download file di Operatorsekolahdbn.com klik disini Download atau Jika Anda ingin berparsipasi dengan Donasi kepada kami. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain - Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel