Aplikasi Backup dan Restore CloneDapodik 2020 Solusi Selamatkan Data Dapodik Error Ketika Belum Sinkron Ke Server

Operator sekolah mungkin ada yang pernah mengalami kendala pada aplikasi Dapodik seperti error atau aplikasi tidak dapat dibuka dalam melakukan penginputan data. Terkadang operator sering mengalami hal demikian ketika penginputan data dan hampir selesai bahkan, namun aplikasi Dapodik secara tiba-tiba error. Tentu jika mengulang data akan memakan waktu dan tenaga, dan pastinya timbul rasa sedih dan kecewa karena data yang dikerjakan akan terhapus jika aplikasi Dapodik diinstal ulang Kembali.


Disini telah diberikan solusinya yakni dengan cara menggunakan sebuah aplikasi yang bernama Aplikasi CloneDapodik 2020.  Aplikasi CloneDapodik diberikan kepada rekan yang mengalami kasus error Aplikasi Dapodik ataupun bermasalah tidak dapat dibuka padahal belum sempat disinkronkan ke server pusat. Jadi operator tidak perlu download prefill dan install ulang lagi, karena tentu jika dilakukan resikonya data yang sudah dientri akan hilang semua, capek kan?
Adapun kegunaan aplikasi CloneDapodik ini berfungsi untuk melakukan backup Dapodik dan melakukan Restore jika pada saat yang dibutuhkan. Tanpa perlu harus melakukan sinkronisasi terlebih dulu. Jadi dapat mengamankan data Dapodik kita sewaktu belum sinkron ke server.

Berikut cara kerjanya 
  1. Instal Aplikasi CloneDapodik. Jika belum memiliki aplikasi silahkan download CloneDapodik.
  2. Setelah aplikasi terinstal di laptop atau komputer sahabat, buka aplikasi dengan cara klik kanan kemudian pilih Run as administrator.
  3. Ada tombol Backup Dapodik yang berguna untuk melakukan salinan aplikasi Dapodik ke perangkat sahabat operator. Kemudian tombol Restore Dapodik untuk melakukan pengembalian data backup Dapodik yang telah disimpan ketika aplikasi Dapodik error.
  4. Hasil nama file backup dapat direname sesuai yang diinginkan dan disimpan dimana saja. 
  5. Kalau mau direstore pada komputer lain caranya tinggal install dapodik sampai selesai. 
  6. Kemudian tanpa harus diregistrasi lakukan restore pada komputer tersebut dengan syarat aplikasi Dapodik dalam keadaan tidak dalam keadaan terbuka.


Hal yang harus diperhatikan selama aplikasi CloneDapodik digunakan pastikan aplikasi Dapodikdasmen dalam keadaan tidak terbuka. Dan jika selesai menggunakan aplikasi CloneDapodik harus di close agar Services Dapodik aktif kembali.
Silahkan hubungi kami
Jika Anda tidak bisa download file di Operatorsekolahdbn.com klik disini Download atau Jika Anda ingin berparsipasi dengan Donasi kepada kami. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.operatorsekolahdbn.com - Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel