Paket Unit Pembelajaran PKP Berbasis Zonasi PJOK SD

Dalam kesempatan ini telah dibagikan sebuah Paket Unit Pembelajaran (Modul) guru SD ini akan digunakan sebagai persiapan pelaksanaan Program pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) Melalui peningkatan kompetensi pembelajaran (PKP) Berbasis zonasi.


Peningkatan kompetensi pembelajaran (PKP) Berbasis zonasi mata pelajaran PPendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) Sekolah Dasar (SD) yang mempelajari materi Kasti.

Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) merupakan kegiatan pengembangan profesional guru untuk meningkatkan kompetensinya. Diharapkan kegiatan PKB dapat meningkatkan kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan masa depan yang berkaitan dengan profesi guru. PKB dikembangkan atas dasar profil kinerja guru sebagai perwujudan hasil Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan didukung dengan hasil evaluasi diri.

Apabila hasil penilaian kinerja guru masih berada di bawah standar kompetensi yang dipersyaratkan dalam penilaian kinerja guru, maka guru diwajibkan untuk mengikuti program pengembangan keprofesian berkelanjutan yang diorientasikan sebagai pembinaan dalam pencapaian standar kompetensi guru. Sementara itu, guru yang hasil penilaian kinerjanya telah mencapai standar kompetensi yang dipersyaratkan dalam penilaian kinerja guru, kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan diarahkan kepada pengembangan kompetensi untuk memenuhi layanan pembelajaran berkualitas dan peningkatan karir guru.

Pelaksanaan kegiatan PKB diharapkan dapat menciptakan guru profesional, bukan hanya sekedar memiliki ilmu pengetahuan yang luas,tetapi juga memiliki kepribadian yang matang.. Sebagai pembelajar abad 21 guru mampu mengikuti perkembangan ilmu dalam bidangnya sebagai bekal pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai standar kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta didik.

Sementara untuk pengukuran capaian siswa berdasarkan ujian sekolah dalam kurikulum 2013 untuk ranah pengetahuan bahwa masih terdapat soal-soal yang belum menunjukan keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thingking Skill) seperti menalar, menganalisa, dan mengevaluasi. Oleh karena diharapkan pembiasan dengan soal-soal dan pembelajaran HOTS agar terdorong kemampuan berpikir kritisnya.

Untuk mewujudkan salah satu tujuan di atas maka disusunlah satu unit pembelajaran permainan kasti pada mata pelajaran PJOK yang merupakan pendukung dari program Peningkatan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) berbasis zonasi ini, yang akan dijadikan pegangan dan referensi guru PJOK untuk bisa mengembangkan proses pembelajaran sesuai dengan karakteristik materi dan kartakteristik peserta didik sehingga kompetensi yang akan dikembangkan bisa dicapai.

Silahkan lihat di bawah ini:

Silahkan download Modul Paket Unit Pembelajaran PKP Berbasis Zonasi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) SD Edisi 2019/2020 pada tautan yang tercantum di bawah ini.

Download:
  • Modul PKP Berbasis Zonasi PPKn SD | Download
Silahkan hubungi kami
Jika Anda tidak bisa download file di Operatorsekolahdbn.com klik disini Download atau Jika Anda ingin berparsipasi dengan Donasi kepada kami. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.operatorsekolahdbn.com - Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel