Program Kerja Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)

Dalam rangka penerimaan siswa baru di sekolah diperlukan pengenalan lingkungan sekolah untuk mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru perlu dilakukan kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif untuk mewujudkan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan.


Di bawah ini contoh Program Kerja Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) sebagai berikut:

BAB I 
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang 
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi Siswa Baru merupakan kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan pada tahun pelajaran 2016/2017 sebagai pengganti kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun yang dulu bernama kegiatan Masa Orientasi Siswa Baru (MOS). Kegiatan ini untuk menyambut kehadiran para siswa-siswi baru di lingkungannya yang baru. 
Dalam pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru perlu dilakukan kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif untuk mewujudkan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan.. Pengenalan lingkungan sekolah adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri dan pembinaan awal budaya sekolah. 
Adapun pelaksanaan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru pada awal tahun pelajaran baru adalah sebagai berikut :
  • Mengenali potensi diri siswa baru.
  • Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya.
  • Menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar efektif sebagai siswa baru. 
  • Mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya. 
  • Menumbuhkan prilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, 
Menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja dan semangat gotong royong. 

B. Dasar
  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
  3. Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru.
C. Tujuan
  1. Memberikan bekal pengenalan kegiatan intrakulikuler.
  2. Mempersiapkan siswa berprestasi dan aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler. 
  3. Memberikan wawasan terhadap siswa baru sebagai wahana pengembangan diri, menjadi siswa yang cakap, tanggap, dan patuh terhadap tata tertib sekolah. Memberikan pembiasaan terhadap kedisiplinan tata tertib sekolah.
BAB II 
ISI LAPORAN 

A. Judul dan Tema Kegiatan
Judul: 
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Bagi Siswa Baru SMP Negeri 1 Dolok Batu Nanggar Tahun Pelajaran 2016-2017.

Tema Kegiatan: 
“Dengan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Bagi Siswa Baru kita tingkatkan kemandirian, kedisiplinan, persaudaraan dan kekompakan.” 

B. Waktu dan Tempat Kegiatan
Hari : Selasa s/d Kamis.
Tanggal : 19 s.d. 21 Juli 2016.
Tempat : SMP Negeri 1 Dolok Batu Nanggar. 

C. Peserta Kegiatan
Peserta Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Bagi Siswa Baru SMP Negeri 1 Dolok Batu Nanggar. adalah seluruh siswa baru tahun pelajaran 2016-2017 yang berjumlah 335 siswa yang terdiri dari 128 laki laki dan 207 perempuan. 

D. Susunan Panitia Kegiatan
Terlampir.

E. Jadwal Kegiatan 
Selama penyelenggaraan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Bagi Siswa Baru 2016 ini, para siswa baru akan menerima materi sesuai Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 dan melaksanakan kegiatan berupa: 
  1. Pengisian formulir siswa baru dan fomulir Dapodik oleh siswa dan orang tua/wali.
  2. Kegiatan pengenalan warga sekolah; Pengenalan stakeholders sekolah lainnya. 
  3. Kegiatan pengenalan visi-misi, program, kegiatan, Mengenalkan kegiatan ekstra kurikuler yang ada di sekolah. 
  4. Pengenalan cara belajar, budaya dan tata tertib sekolah; Simulasi penyelesaian suatu masalah untuk menumbuhkan motivasi dan semangat belajar siswa. 
  5. Kegiatan pengenalan fasilitas sarana dan prasarana sekolah dengan memegang prinsip persamaan hak seluruh siswa; Menginformasikan fasilitas-fasilitas umum di sekitar sekolah. Mengajak siswa berkeliling ke seluruh area sekolah, sambil menjelaskan setiap fasilitas, sarana, dan prasarana yang terdapat di sekolah serta kegunaannya. Pengenal Penggunaan sumber daya sekolah (air, listrik, telepon, dan sebagainya) secara efisien. Menginformasikan kewajiban pemeliharaan fasilitas dan sarana prasarana sekolah dan fasilitas-fasilitas umum. Menginformasikan daerah rawan di sekitar sekolah. 
  6. Kegiatan pengenalan etika komunikasi, termasuk tata cara menyapa/berbicara menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Pembiasaan salam, senyum, sapa, sopan, dan santun dan Pengenalan etika pergaulan antar siswa serta antara siswa dengan guru dan tenaga kependidikan, termasuk kepada sikap simpati, empati, dan saling menghargai, serta sportif. 
  7. Kegiatan penanaman dan penumbuhan akhlak dan karakter, Beribadah keagamaan bersama, pengenalan pendidikan anti korupsi, cinta lingkungan hidup, dan cinta tanah air, dan Pemilihan tema kegiatan pengenalan lingkungan sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai positif. 
  8. Kegiatan pengenalan manfaat dan dampak teknologi informasi, termasuk sanksi yang diatur dalam peraturan perundang-undangan terkait. 
  9. Kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah dan pengenalan tata cara membuang sampah sesuai dengan jenis sampah. 
  10. Kegiatan pendidikan bahaya pornografi, narkotika psikotropika, dan zat adiktif lainnya antara lain bahaya merokok. 
  11. Mengajarkan simulasi antri melalui baris sebelum masuk kelas, dan pada saat bergantian memakai fasilitas sekolah. Kegiatan pengenalan dan keselamatan berlalu lintas. 
  12. Kegiatan kebanggaan terhadap keanekaragaman dan kebhinekaan, antara lain pengenalan suku dan agama, penggunaan pakaian adat di sekolah. 
  13. Kegiatan yang menjalin keakraban antar siswa dengan warga sekolah antara lain dengan permainan atau diskusi kelompok, Kegiatan atraksi masing-masing kelas, antara lain perlombaan bidang kesenian, dan olahraga.

F. Anggaran Kegiatan
DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAN (BOS).

BAB III 
PENUTUP 
Demikian Laporan Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Bagi Siswa Baru SMP Negeri 1 Dolok Batu Nanggar Tahun Pelajaran 2016-2017 ini kami buat. Kegiatan ini berjalan baik dan lancar berkat dukungan dan bantuan semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu per satu. Atas dukungan dan kerja sama bapak/ibu kami ucapkan terimakasih.

Silahkan bapak/ibu download program kerja Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di bawah ini:

Download:

  • Program Kerja Masa PLS (.docDownload
Silahkan hubungi kami
Jika Anda tidak bisa download file di Operatorsekolahdbn.com klik disini Download atau Jika Anda ingin berparsipasi dengan Donasi kepada kami. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.operatorsekolahdbn.com - Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel