Begini Perbedaan PKP 2019 dan Guru Pembelajar PKB

Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) merupakan Hakikat Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) yang dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang dapat meningkatkan kemampuan keprofesionalan guru dalam mengelola pembelajaran. Sebagai seorang profesional, guru bertanggungjawab dalam memperbaiki dan/atau meningkatkan kualitas proses pembelajaran dalam rangka menigkatkan kualitas belajar siswa.


Berikut adalah perbedaan Sim Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) dengan Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) tahun 2019.

A. Guru pembelajar 2016 / PKB 2017-2018
  1. Berorientasi pada peningkatan kompetensi substansi Profesional guru.
  2. Berbasis pada hasil Uji Komptensi Guru (UKG) Tahun 2015 pemetaan.

B. Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) 2019
  1. Berorientasi pada peningkatan kompetensi pembelajaran (How to teach).
  2. Berbasis pada hasil UN dan USBN (pemetaan Guru dan Modul).

Sahabat guru Pernahkah terbesit dalam benak sahabat terkait pertanyaan seputar pembelajaran dan penilaian di sekolah dasar? Nah berikut ini viter bagikan Frequently Asked Question (FAQ) beserta jawaban dari salah satu pakar pendidikan ya.. Semoga bermanfaat.

Pertanyaan Aldina:
Mengapa di Sekolah Dasar Pembelajaran Menggunakan Tematik, sedangkan Ketika USBN Menggunakan Mata Pelajaran ?

Jawaban Praktisi Pendidikan Dr. Solihin:
Tematik merupakan pendekatan Pembelajaran bukan pendekatan Penilaian yang mengintegrasikan beberapa Kompetensi Dasar dari muatan pembelajaran yang berbeda. Sedangan Ujian Nasional (UN) dan USBN merupakan suatu evaluasi yang digunakan untuk mengukur kompetensi dasar dari muatan pembelajaran.
Pertanyaan Yerry :
Mengapa di Sekolah dasar masih ada Ujian Nasional / USBN, mengapa tidak dihapuskan.

Jawaban Praktisi Pendidikan Dr. Solihin :
FUngsi Ujian/USBN bukan hanya sebagai syarat dari kelulusan, melainkan untuk mapping kualitas Pendidikan. Sehingga hasil USBN dapat menjadi dasar Pemerintah untuk mengambil kebijakan/Treatment yang sesuai untuk diterapkan di sekolah.

Begini Perbedaan Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) 2019 dan Guru Pembelajar PKB, semoga rekan guru dapat memahaminya.
Silahkan hubungi kami
Jika Anda tidak bisa download file di Operatorsekolahdbn.com klik disini Download atau Jika Anda ingin berparsipasi dengan Donasi kepada kami. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain - Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Begini Perbedaan PKP 2019 dan Guru Pembelajar PKB"

Posting Komentar

Silahkan komentar pada kolom yang disediakan, anda juga dapat meminta sesuatu kepada kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel