Modul PKP Berbasis Zonasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) SMP

Dalam hal ini telah dibagikan Paket unit Pembelajaran (Modul) Untuk Program Kompetensi Pembelajaran (PKP) Guru SMP Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Edisi 2019/2020.


Peningkatan kompetensi pembelajaran (PKP) Berbasis zonasi mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang mempelajari materi Pancasila. 

Unit pembelajaran yang berjudul “Perumusan dan Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara” ini disusun sesuai kompetensi dasar mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan jenjang SMP kelas VII yang termuat dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 37 Tahun 2018. Adapun kompetensi dasar tersebut sebagai berikut.
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas semangat dan komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan dasar negara Pancasila
2.1 Mengembangkan sikap bertanggung jawab dan berkomitmen sebagai warga negara Indonesia seperti yang diteladankan para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara
3.1 Menganalisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara
4.1 Menyaji hasil analisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara

Penyusunan unit pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesioal guru dalam mengajarkan kompetensi dasar tersebut, serta sebagai bahan belajar mandiri bagi peserta didik untuk meningkatkan hasil belajar. Selama mempelajari unit pembelajaran ini, guru dan peserta didik didorong untuk mengaitkan antara kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa dengan kondisi nyata yang terjadi di dalam kehidupan
sehari-hari.

Dari aspek pembelajaran dan pengembangan soal berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS), unit pembelajaran ini memberikan gambaran kepada guru mengenai pelaksanaan proses pembelajaran yang berorientasi HOTS, serta memberikan contoh pengembangan soal-soal HOTS. Unit pembelajaran ini memuat aktivitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa dengan menggunakan pendekatan saintifik berbasis kecakapan abad 21 (4 C), yaitu: Collaboration, Cooperation, Communication, Critical, dan Creatif Thinking yang diintegrasikan dengan nilai-nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Pada pengembangan soal-soal HOTS, guru diberikan contoh kisi-kisi penyusunan soal HOTS dan contoh-contoh soal HOTS dalam format kartu soal. Selanjutnya, guru didorong untuk menyusun soal-soal HOTS secara mandiri.

Silahkan lihat di bawah ini:

Download:
  • Modul PKP Berbasis Zonasi PPKN SMP | Download
Silahkan hubungi kami
Jika Anda tidak bisa download file di Operatorsekolahdbn.com klik disini Download atau Jika Anda ingin berparsipasi dengan Donasi kepada kami. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.operatorsekolahdbn.com - Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel