Modul PKP Berbasis Zonasi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) SMP

Dalam hal ini telah dibagikan Paket unit Pembelajaran (Modul) Untuk Program Kompetensi Pembelajaran (PKP) Guru SMP Mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) Edisi 2019/2020.


Peningkatan kompetensi pembelajaran (PKP) Berbasis zonasi mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) Sekolah menengah pertama (SMP) yang mempelajari materi Bola Voli. 

Pelaksanaan pendidikan jasmani dan olahraga merupakan sebuah investasi jangka panjang dalam upaya peningkatan mutu sumber daya manusia Indonesia, hasil yang diharapkan itu akan dapat di capai dalam waktu cukup lama. Oleh karena itu, pendidikan jasmani dan olahraga terus ditingkatkan dan dilakukan dengan kesabaran dan keikhlasan. Pendidikan jasmani dan olahraga merupakan salah satu jenis mata pelajaran yang diberikan pada peserta didik dasar. Tujuan pendidikan jasmani dan olahraga di sekolah adalah membantu peserta didik untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan kesehatannya melalui pengenalan dan penanaman sikap positif, kemampuan gerak dan berbagai aktivitas jasmani agar:
1. Tercapainya pertumbuhan dan perkembangan jasmani khususnya tinggi dan berat badan secara harmonis.
2. Terbentuknya sikap dan perilaku seperti; displin, kejujuran, kerjasama serta mengikuti peraturan dan ketentuan yang berlaku.
3. Menyenangi aktivitas jasmani yang dapat di pakai untuk mengisi waktu luang serta kebiasaan hidup sehat.
4. Tersalurnya hasrat untuk bergerak dan tercapainya gerakan yang benar.
5. Meningkatkan kesehatan, kebugaran jasmani, dan ketrampilan gerak
dasar.

Berdasarkan tujuan pendidikan tersebut, terlihat bahwa bagi peserta didik untuk tingkat sekolah menengah pertama, penekanannya adalah penguasaan gerak-gerak dasar yang dimiliki oleh manusia, seperti penguasaan tubuh, koordinansi dan lain sebagainya. Hal ini tentu diperlukan suatu tindakan yang mendukung terciptanya pembelajaran yang kondusif.
Permainan menjadi ciri khas dan bagian integral dari kebutuhan hidup manusia, sebab dalam permainan terkandung unsur-unsur gerak yang sangat berperan dalam meningkatkan ketrampilan dasar, sehingga apabila permainan yang dilakukan oleh peserta didik itu terarah dan dilakukan dengan mengikuti prinsip-prinsip latihan maka diperkirakan akan memberikan perubahan yang positif terhadap perkembangan kemampuan gerak dasar. Salah satu ciri permainan yang disenangi oleh peserta didik pada usia sekolah adalah permainan yang beregu yang beraneka ragam.

Silahkan lihat di bawah ini:

Download:
  • Modul PKP Berbasis Zonasi PJOK SMP | Download
Silahkan hubungi kami
Jika Anda tidak bisa download file di Operatorsekolahdbn.com klik disini Download atau Jika Anda ingin berparsipasi dengan Donasi kepada kami. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.operatorsekolahdbn.com - Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel