Download Buku Penilaian HOTS Program PKP Guru

Penilaian berorientasi HOTS bukanlah sebuah bentuk penilaian yang baru bagi guru dalam melakukan penilaian. Tetapi penilaian berorientasi HOTS ini memaksimalkan keterampilan guru dalam melakukan penilaian. Guru dalam penilaian ini harus menekankan pada penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan yang bisa meningkatkan keterampilan peserta didik dalam proses pembelajaran berorientasi HOTS.


Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Penilaian belajar peserta didik dilakukan oleh pendidik yang meliputi aspek: sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian sikap dilakukan oleh pendidik untuk memperoleh informasi deskriptif mengenai perilaku peserta didik. Penilaian pengetahuan dilakukan untuk mengukur penguasaan pengetahuan peserta didik, sedangkan penilaian keterampilan dilakukan untuk mengukur kemampuan peserta didik menerapkan pengetahuan dalam melakukan tugas tertentu. Penilaian hasil belajar oleh pendidik ini bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan.

Buku pegangan Pembelajaran berorientasi Pada keterampilan Berpikir tingkat tinggi (HOTS) merupakan pedoman pelaksanaan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Guru Tahun 2019 yang akan dilaksanakan dengan sistem Zonasi.
Dengan adanya Penguatan Pendidikan Karakter dan pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS). Diharapkan dapat menjembatani pemahaman para guru dalam hal penilaian pembelajaran lebih baik lagi sehingga mereka dapat meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia.

Adapun buku pegangan ini wajib digunakan oleh guru jenjang TK/PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK, kepala sekolah serta pengawas sekolah khususnya pengawas binaan.

 Berikut adalah daftar Isi Buku Penilaian HOTS ini, yang terpenting perlu dipelajari oleh bapak dan ibu guru pada Bagian 2 yaitu Penilaian dan pengembangan soal hots diantaranya :
  • Deskripsi Singkat
  • Penilaian Sikap
  • Penilaian Pengetahuan
  • Pengertian HOTS
  • Karakteristik
  • Menggunakan bentuk soal beragam
  • Level Kognitif
  • Langkah-langkah Penyusunan soal HOTS
  • Penilaian Keterampilan 

Buku pegangan ini dikembangkan dengan tujuan sebagai berikut:
  1. Memberikan acuan kepada guru dalam mengembangkan penilaian berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;
  2. Memberikan acuan kepada kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik terhadap guru dalam melaksanakan penilaian berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;
  3. Memberikan acuan pada pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial terhadap pelaksanaan penilaian berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi di satuan pendidikan.

Silahkan lihat di bawah ini:

Download:
  •  Buku Penilaian HOTS Program PKP Guru | Download
Silahkan hubungi kami
Jika Anda tidak bisa download file di Operatorsekolahdbn.com klik disini Download atau Jika Anda ingin berparsipasi dengan Donasi kepada kami. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain - Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Download Buku Penilaian HOTS Program PKP Guru"

Posting Komentar

Silahkan komentar pada kolom yang disediakan, anda juga dapat meminta sesuatu kepada kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel