Panduan Pengisian Aplikasi Sispena BAN S/M Akreditasi Sekolah

Bagi sekolah yang  akan diakreditasi maupun sedang diakreditasi sekolanya, disini telah diberikan sebuah panduan pengisian aplikasi Sispena BAN S/M akreditasi sekolah agar lebih memudahkan dalam melengkapi persyaratan.

Sebelumnya akan dibahas tentang pengertian Akreditasi Sekolah
Akreditasi sekolah adalah kegiatan penilaian (asesmen) sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentuksn kelayakan dan kinerja sekolah. Tujuan Akreditasi Sekolah adalah untuk : (a) menentukan tingkat kelayakan suatu sekolah dalam menyelenggarakan layanan pendidikan dan (b) memperoleh gambaran tentang kinerja sekolah.


Apa itu Sispena dan bagaimana Cara Download Sertifikat Akreditasi Sekolah / Madrasah melalui Akun Sispena. Sispena adalah sistem informasi penilaian akreditasi sekolah berbasis web, aplikasi sispena bisa diakses dari mana saja, kapan saja dengan syarat pengguna terhubung dengan internet. Aplikasi sispena ini dibuat dan dikelola oleh Badan Akrediasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M) yang bertujuan memberikan kemudahan dalam proses akreditasi.

Sertifikat Akreditasi sekolah adalah tanda bukti pengakuan bahwa sekolah telah diakreditasi serta pengakuan atas pencapaian status/peringkat akreditasi beserta nilai akreditasi sekolah yang meliputi 8 komponen akreditasi. Adapun kualifikasi peringkat akreditasi sekolah adalah sebagai berikut:


Bagi sekolah yang diakreditasi oleh BAN S/M tahun 2019. Sertifikat Akreditasi bisa langsung di download secara online melalui akun sispena. Berikut ini cara Download Online Sertifikat Akreditasi Sekolah/Madrasah melalui Akun Sispena. Bagi Sekolah Anda yang sudah dikareditasi, berikut ini langkah-langkah panduan pengisian Aplikasi sispena BAN S/M akreditasi sekolah dan unduh/cetak sertifikat akreditasi sekolah.

1. Login ke halaman Sispena Kemdikbud pada tautan https://bansm.kemdikbud.go.id/sispena/login.


2. Kemudian tampil halaman edit identitas, silahkan perbaiki kolom identitas sekolah yang masih kosong maupun tidak sesuai.


3. Selanjutnya klik menu Data Isian Akreditasi (Dia), disana terdapat tombol Pernyataan Kepala Sekolah, Pemutakhiran Data (Siswa, Mata Pelajaran, Guru Tenaga Kependidikan, Sarana, Prasarana), Prasyarat Akreditasi, dan Lihat Hasil Penilaian. Pada tombol-tombol tersebut harap masing-masing dilengkapi.


Jika sudah selesai pengisian nilai akan tampil seperti ini.


4. Selanjutnya kita beralih ke menu Dashboard apakah telah sampai pada tahap Verifikasi dan Pleno, atau belum.


Nah pada saat verifikasi, tim dari BAN S/M akan meninjau sekolah.

5. Selanjutnya kita dapat mendownload sertifikat hasil akreditasi sekolah.


Download:
Silahkan hubungi kami
Jika Anda tidak bisa download file di Operatorsekolahdbn.com klik disini Download atau Jika Anda ingin berparsipasi dengan Donasi kepada kami. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.operatorsekolahdbn.com - Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel