Ringkasan Skripsi Korelasi Kesiapan Siswa Dalam Menerima Pelajaran Dengan Prestasi Belajar


KORELASI KESIAPAN SISWA DALAM MENERIMA PELAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SEMANGKA KECAMATAN MELON TAHUN PELAJARAN 2011/2012

OLEH :
MUHAMMAD LUTH LUBIS
N P M : 117100025

A B S T R A K

Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan April sampai Juni Tahun 2011 di X SMA Negeri 1 Semangka  dengan tujuan untuk mengetahui korelasi yang nyata antara kesiapan siswa menerima pelajaran  dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Biologi di kelas X SMA Negeri 1 Semangka  Kecamatan Melon Tahun Pelajaran 2011/2012. Jumlah populasi sebanyak 240 orang dan jumlah sampel sebanyak 15% dari jumlah populasi yaitu 36 orang yang diambil secara acak sederhana (random sampling). Untuk mengetahui besarnya korelasi kesiapan siswa menerima pelajaran  dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Biologi dihitung dengan menggunakan uji Korelasi Product Momen. Hipotesis akan dibuktikan dengan uji t pada taraf signifikan α = 0,05. Untuk mengetahui besarnya kontribusi antara variabel X dan variabel Y dihitung dengan uji determinasi.

Skor rata-rata prestasi belajar Biologi sebesar 72,42, dan skor rata-rata hasil angket kesiapan belajar sebesar 72,72. Dari hasil uji korelasi diperoleh besarnya  korelasi antara kesiapan siswa menerima pelajaran  dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Biologi dikelas X SMA Negeri 1 Semangka  Kecamatan Melon Tahun Pelajaran 2011/2012 adalah 0.53, dan merupakan korelasi yang sedang, Dari hasil uji statistik “t” diperoleh t hitung 3,64 > t tabel 2,04, pada taraf signifikan α = 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada korelasi nyata antara kesiapan siswa menerima pelajaran  dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Biologi dikelas X SMA Negeri 1 Semangka  Kecamatan Melon Tahun Pelajaran 2011/2012. Dari hasil uji determinasi, diperoleh besarnya kontribusi antara kesiapan siswa menerima pelajaran  terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Biologi dikelas X SMA Negeri 1 Semangka  Kecamatan Melon Tahun Pelajaran 2011/2012 adalah 28,00%.

    Hasil penelitian ini disimpulkan ada korelasi antara kesiapan siswa menerima pelajaran  terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Biologi dikelas X SMA Negeri 1 Semangka  Kecamatan Melon Tahun Pelajaran 2011/2012.
Kata kunci : Kesiapan menerima pelajaran, Prestasi belajar Biologi.

Silahkan lihat di bawah ini:

Silahkan download  Ringkasan Skripsi Korelasi Kesiapan Siswa Dalam Menerima Pelajaran Dengan Prestasi Belajar pada tautan yang tercantum di bawah ini.

Download:
  • Ringkasan Skripsi Korelasi Kesiapan Siswa | Download
Silahkan hubungi kami
Jika Anda tidak bisa download file di Operatorsekolahdbn.com klik disini Download atau Jika Anda ingin berparsipasi dengan Donasi kepada kami. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain - Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Ringkasan Skripsi Korelasi Kesiapan Siswa Dalam Menerima Pelajaran Dengan Prestasi Belajar"

Posting Komentar

Silahkan komentar pada kolom yang disediakan, anda juga dapat meminta sesuatu kepada kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel